Tips memelihara ikan hias di kolam kecil yang baik dan benar

Memelihara ikan– Memelihara ikan hias merupakan sesuatu yang banyak di gemari oleh para pecinta ikan, jenis ikan yang biasanya di pelihara di dalam kolam adalah ikan arwana, ikan lohan (lou han), ikan cupang, ikan arapaima, ikan koi ,ikan gupi dan masih banyak lagi ikan yang dapat di pelihara di dalam kolam. 


Dengan memelihara ikan di dalam kolam selain membuat suasana rumah menjadi nyaman dan membuat kita betah di rumah berlama-lama, di jepang ikan hias terutama ikan koi  di anggap membawa hoki dan rezeki bagi yang memelihara ikan ini. Namun dalam memelihara ikan hias di dalam kolam ada beberapa tips atau langka yang harus anda pahami, apa sajakah itu? Berikut kita akan membahas tips memelihara ikan hias di dalam kolam:
ikan hias di dalam kolam, memelihara ikan di dalam kolam, memelihara ikan hias di dalam kolam
GAMBAR : IKAN GUPPY
1. Pilih jenis ikan apa yang ingin anda pelihara
Hal ini adalah hal yang betul-betul anda pahami dalam memulai memelihara ikan di dalam kolam yaitu tentukan jenis ikan apa yang ingin anda peihara. Ikan hias yang dapat anda pelihara di dalam kolam yaitu ikan koi, ikan mas, ikan cupang dan ikan lainnya, anda juga dapat memelihara ikan lain dalam satu kolam sekaligus seperti ikan koi dengan ikan mas dalam satu kolam namun dalam memelihara ikan berbeda beda dalam satu kolam jangan sampai anda memelihara ikan yang dapat memangsa atau memakan ikan lain, sebagai contoh nya jika anda memelihara ikan arapima jangan menggabungkan ikan ini dengan ikan lain dengan karena ikan ini dapat memakan ikan jenis lainnya. Pastikan anda memelihara ikan yang dapat akur seperti ikan mas dengan ikan koi juga bisa ikan guppy dengan ikan lainnya.
2. Perhatikan kebersihan kolam
Dalam memelihara ikan di dalam kolam perhatikan kebersihan kolam ikan jangan sampai daerah kolam kotor akibat daun-daun yang membususk atau juga air kolam yang sudaj=h keruh , sebaiknya anda membersihkan kolam seminggu sekali dan mengganti air di dalam kolam dengan air yang bersih secara berkala agar ikan di dalam kolam tidak terkena penyakit dan juga ikan nyaman di dalam kolam.
3. Berilah tumbuhan air di dalam kolam
Dalam memelihara ikan di dalam akuarium sebaiknya anda memberi tumbuhan air di dalam kolam agar ikan nyaman di dalam kolam dan juga ikan menganggap kolam tersebut seperti bebasnya dan juga tumbuhan air berfungsi sebagai penyedia oksigen di dalam air. Tumbuhan yang dapat anda letakkan di dalam air dapat berupa eceng gondonk, teratai, timika moss dan masih banyak lagi tumbuhan air yang dapat anda letakkan di sekitar kolam. Jangan lupa memberi batuan di dalam kolam agar suasana di dalam kolam semakin indah hal ini juga berfungsi sebagai media untuk ikan bermain dan juga bersembunyi.
4. Berilah makan secara teratur
Hal ini penting karena ikan membutuhkan makanan dalam kelangsungan hidupnya anda harus memberi makan ikan secara teratur setiap saat agar ikan semakin sehat dan besar, untuk makanan ikan anda dapat memberi ikan berupa cacing atau juga pelet khusus ikan yang dapat anda beli di petshot atau tempat penjual pakan ikan.
Nah itulah dia sedikit tip memelihara ikan di dalam kolam jika anda ingin memelihara ikan laut di dalam kolam sebaiknya anda bertempat tinggal di daerah yang dekat dengan laut agar lebih mudah dalam mendapatkan air laut karena ikan air laut tidak dapat hidup di air tawar begitu juga sebaliknya.
jika anda ingin membeli ikan hias anda dapat membelinya di petshp terdekat atau anda juga dapat membeli ikan hias secara online di  situs situs yang menyediakan penjualan ikan secara online namun tentunya pastikan dulu apakah website tersebut aman dan terpercaya.
KATA KUNCI:
Tips memelihara ikan hias di kolam kecil yang baik dan benar | PILAT GEDE | 4.5