Pilihan Makanan ikan cupang (ikan Laga) aduan Yang Baik untuk kesehatan

Makanan ikan cupang/laga – Ikan cupang atau biasa disebut ikan laga adalah sejenis ikan hias aduan yang banyak dipelihara dikarenakan bentuknya yang cantik dan juga dapat diadukan sebagai ikan aduan yang bernilai tinggi. Ikan cupang juga sangat cocok dijadikan sebagai ikan hias akan tetapi sifat ikan ini yang menjaga daerah kekuasaanya membuat ikan ini tidak cocok dipelihara bersamaan.
Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas mengenai cara melatih ikan cupang agar semakin gahar dan jago bertanding, pada kesempatan kali ini kita akan membahas makanan apa yang cocok dibrikan kepada ikan cupang aduan kita , agar nantinya ikan cupang aduan kita sehat dan tentu ketika diadukan nantinya lebih memiliki banyak stamina.
Banyak sebenarnya pilihan makanan yang dapat diberikan sebagai makanan ikan cupang , namun pada kesempatan kali ini kita akan membahas makan yang cocok dan terbaik saja untuk ikan cupang aduan, berikut daftar makanan terbaik untuk ikan cupang.
ikan cupang hias
Gambar : ikan cupang

1.Cacing sutra

cacing sutra
Gambar : cacing sutra

cacing sutra yang banyak kita temukan disekitar tempat tinggal kita dapat menjadi makanan utama untuk ikan cupang, dalam memberikan makan berupa cacing sutra sebaiknya cacing dibersihkan terlebih dahulu agar sisa kotoran dan juga benda-benda kecil tidak termakan oleh ikan. Selain mencari cacing sutra kita juga dapat membelinya di tempat khusus penjualan makanan ikan. cacing sutra memiliki kandungan nutrisi yang baik sehingga baik untuk pertumbuhan ikan cupang, terkhusus ikan cupang yang sedang memasuki masa kawin.

2. Jentik nyamuk

jentik nyamuk
Gambar : jentik nyamuk

jentik nyamuk yang mrupakan larva dari nyamuk yang ada diair dapat diberikan sebagai makanan ikan cupang, gerakan jentik nyamuk yang lincah akan membuat ikan cupang aktif bergerak pada saat mencari makan, tentu selain jentik nyamuk dapat membuat ikan sehat dapat juga melatih kelincahan ikan cupang nantinya, namun jentik nyamuk termasuk sulit untuk dicari mengingat nyamuk adalah serangga yang dibenci oleh manusia karena dapat menularkan penyakit demam brdarah.

3. Anak ikan cetol

ikan cetol
Gambar : ikan cetol
siapa bilang anakan ikan cetol tidak dapat dijadikan sebagai makan ikan cupang? nyatanya makanan berupa ikan cetol dapat membuat ikan cupang cepat besar dan gemuk, namun sebaiknya dalam memberikan makan berupa anakan atau burayak ikan cetol pastikan ikan cupang anda tidak dalam keadaan sakit karena ikan cotol mmiliki gerakan yang lincah sehingga jika ikan cetol sakit akan tidak mungkin untuk memakan nantinya.

4. Kutu air

pakan berupa kutu air sangat dianjurkan bagi ikan cupang yang masih anakan dan juga sudah dewasa bahkan ikan cupang calon juara selalu diberi makan kutu air sebab kutu air memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk pertumbuhan ikan. Kutu air dapat kita cari disekitar kubangan air atau membelinya di tempat khusus penjual makanan ikan cupang.

5. Cacing darah (bloodworm)

cacing darah yang banyak dijual dipasaran sebagai makanan ikan nyatanya cocok untuk diberikan sebagai makanan utama ikan cupang, namun ada baiknya sebelum memberi makan ikan dengan cacing darah pastikan cacing darak tidak dalam keadaan beku sebab tidak disukai oleh ikan cupang, kandungan protein dan gizi yang tinggi pada cacing darah sangat baik untuk pertumbuhan ikan akan tetapi banyak dari kita yang memberikan cacing darah yang sudah membusuk akibat cacing darah disimpan sangat lama, tentu hal ini mempengaruhi kualitas cacing tersebut sehingga ikan cupang enggan untuk memakannya , jadi harap pastikan hal ini sebelum memberikan cupang pakan berupa cacing darah.

6. Microworms

microworms sangat cocok diberikan kepada inkan cupang namun dengan catatan ikan cupang yang masih kecil atau masih burayak sebab ukurannya yang sangat kecil, kandungan nutrisi yang banyak pada microworms cocok untuk pertumbuhan ikan cupang , hanya saja microworms kadang sulit ditemukan sehingga para pembudidaya ikan cupang mengantinya dengan kuning telur sebagai makanan ikan cupang yang masih kecil atau burayak.

7. Artemia

artimia juga cocok untuk makanan ikan cupang hanya saja tidak menjadi makanan utama melainkan makanan tambahan saja atau pakan pengganti jika makanan lainnya tidak dapat ditemukan, kandungan nutrisi pada artemia cocok untuk masa pertumbuhan ikan cupang yang masih kecil sehingga tidak akan menghambat pertumbuhan ikan cupang. Untuk mendapatkan artemia bisa membelinya hanya saja sebelum memberi ikan cupang dengan makanan ini sebaiknya dicuci dan dierendam beberapa saat agar garamnya berkurang mengingat artemia berasal dari laut.

8. Burayak ikan 

burayak ikan seperti ikan koi, nila, dan juga guppy dapat diberikan sebagai makanan tambahan atau istilahnya puding untuk ika cupang namun jangan terlalu sering memberi makan dengan burayak ikan mengingat burayak ikan sulit untuk ditemukan, namun jika disekitar anda banyak terdapat burayak ikan maka dapat diberikan setiap harinya kepada ikan cupang sebagai makanan utama.
nah itulah beberapa pilihan makanan ikan cupang yang dapat diberikan agar ikan cupang (laga) aduan sehat dan dapat berkembang , selain itu makanan diatas juga dapat membantu agar ikan cupang cepat besar. semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat pembaca.

Baca Juga : Cara Budidaya ikan cupang bagi Pemula

Pilihan Makanan ikan cupang (ikan Laga) aduan Yang Baik untuk kesehatan | PILAT GEDE | 4.5