Penyebab bulu musang Rontok dan cara mengatasinya

Kerontokan bulu pada musang  memang sangat sering terjadi pada saat memelihara musang, sering sekali bulu rontok pada musang diabaikan oleh owner musang padahal hal ini bisa berkibat fatal hingga menyebabkan kematian pada musang jika dibiarkan terus menerus. Dalam beberapa kasus kerontokan bulu pada musang sering sekali ditandai dengan rontoknya bulu secara berlahan pada saat dimandikan maupun pada saat disisir , hal ini tentu bisa dikatakan gejala pertama yang sering terjadi.

PENYEBAB KERONTOKAN BULU PADA MUSANG DAN CARA MENGATASINYA

Penyebab bulu musang Rontok dan cara mengatasinya
GAMBAR : Musang Pandan taken from Wikipedia

1. Kotoran pada musang

Kotoran pada bulu musang dapat menyebabkan bulu musang rentan akan kerontokan, hal ini terjadi akibat kesalahan dalam perawatan musang, ada baiknya musang dimandikan 3 kali dalam sehari dan bulu musang disisir dengan rapi , sesekali pada saat memandikan musang berikanlah shampo khusus pada hewan agar bulu semakin lebat dan terhindar dari kerontokan.

2. Jamur pada musang

Jamur pada bagian tubuh musang dapat membuat kerontokan bulu secara berkepanjangan pada musang , ada baiknya ketika  bulu musang mengalami jamuran segera lakukan pembersihan jamur pada bagian yang terkena jamur dengan cara memberi obat kusus jamur pada baigian yang terinfeksi.

3. Stress pada musang

Siapa bilang musang tidak dapat stress? Tentu saja musang juga dapat megalami stress yang dapat mengakibatkan kerontokan bulu, biasanya masalah stress pada musang diakibatkan kandang yang tidak nyaman dan musang terganggu dengan daerah sekitar yang sangat bising.

4. Kekurangan Asupan gizi pada musang

Kekurangan gizi dapat menyebabkan bulu musang tidak tumbuh dengan normal sehingga bulu akan rontok dengan sendirinya, ada baiknya selalu perhatikan asupan makanan pada muspan, berilah makanan yang berbeda setiap harinya agar asupan nutrisi serta gizi musang terpenuhi.

5. Bekas luka pada musang

Bekas luka pada musang yang berkepanjangan dan tak kunjung sembuh dapat membuat luka akan semakin menjalar dan merambat melebar hal ini tentu membuat bulu musang akan rontok, maka dari itu jika terdapat luka pada musang segera lah obati agar tidak menimbulkan kerontokan dan masalah lainnya kedepannya.
Selain itu musang yang memasuki masa kawin cenderung akan mulai menampakan kerontokan pada bulunya, hanya saja hal ini tidak perlu dikhawatirkan sebab tidak akan lama dan rontok tidak akan sampai parah, nah itulah penyebab kerontokan bulu pada musang.

Baca Juga : 4 Resiko yang timbul ketika musang kutuan

Penyebab bulu musang Rontok dan cara mengatasinya | PILAT GEDE | 4.5