Panduan Lengkap Cara memelihara Musang Pandan Bagi Pemula

Panduan Lengkap Cara memelihara Musang Pandan Bagi Pemula – Bagi anda yang baru saja pertama kali memelihara musang pandan pastinya bingun tentang cara memelihara musang ini dan tentu bertanya tanya bagai mana perawatan yang baik bagi musang peliharan anda, Banyak di internet bertebaran dan ratusan artikel yang membahas mengenai cara memelihara musang namun dari sekian banyak artikel yang saya baca tidak ada yang memberi tahukan dengan rinci dan jelas cara pemeliharaan musang pandan yang mudah di mengerti oleh pemula.
Panduan Lengkap Cara memelihara Musang Pandan Bagi Pemula
Gambar : musang Pandan

Pada kesempatan kali ini pecinta binatang akan membagikan tips serta panduan lengkap cara memelihara musang pandan bagi pemula.
Musang pandan adalah jenis hewan yang sering kali dianggap sebagai hama oleh sebahagian orang namun tidak sedikit pula yang menjadikan musang pandan sebagai hewan peliharaan yang unik dan lucu sebab jika musang sudah jinak dan gemuk akan membuat hewan ini terlihat lucu dan menggemaskan. Dalam pemeliharaan musang pandan sendiri tergolong gampang-gampang susah namun jika kita memahami dengan baik maka hal ini akan terasa mudah, Perlu anda ketahui musang pandan sendiri adalah hewan nokturnal yang aktif pada malam hari akan tetapi tidak jarang juga hewan ini bisa di ajak bermain disiang hari, pada siang hari memang musang selalu menghabiskan waktunya untuk tidur di dalam sarangnya.
Bagi anda yang baru saja memelihara musang berikut tips cara memelihara musang yang dapat anda terapkan dalam memelihara musang peliharaan anda.

1. Pemilihan kandang
Perlu anda ketahui musang memiliki gigi yang sangat kuat maka dari itu bagi anda yang memelihara musang ada baiknya menempatkan musang pada kandang yang terbuat dari bahan dasar besi atau kawat untuk menghindari kerusakan kandang yang disebabkan oleh musang, bila musang anda masih kecil dan berumur 3 – 6 bulan tidak ada salahnya juga menempatkan musang pada kandang yang terbuat dari kayu akan tetapi jika musang sudah dewasa nantinya pindahkan musang pada kandang yang terbuat dari besi atau kawat.
2. Pemberian Makan Musang
Dalam memberikan makanan pada musang ada baiknya anda memberikan makanan yang berbeda-beda setiap harinya untuk menghindari rasa bosan pada musang sebab dalam beberapa kasus sering sekali di jumpai musang mogok makan dan penyebab utamanya adalah musang bosan dengan makanan yang sama setiap hari Baca : Cara Mengobati Mogok Makan Pada Musang.
Makanan yang dapat anda berikan kepada musang dapat berupa buah-buahan segar seperti Pisang, pepaya atau anda dapat memebri musang daging ayam yang sudah direbus setengah matang Baca : makanan Kesukaan Musang Yang wajib Anda Berikan.
Pemberian minum pada musang juga penting walaupun makanan musang sudah mengandung banyak air sebab sering kali musang sudah kenyang akan tetapi musang merasa haus maka dari itu anda dapat menempatkan air minum di kandang musang berupa air mineral yang bersih.
3. Ajak Musang Untuk Bermain
Hal ini penting agar musang nantinya jinak dan tidak suka menggigit bila musang terasa suka menggigit hal ini wajar sebab musang memang hewan yang pada dasarnya buas akan tetapi jika musang sering diajak bermain akan membuat musang jinak dan tidak suka menggigit nantinya , bagi anda yang ingin memotong  atau memangkur gigi musang Baca : cara memotong dan Pangkur Gigi Musang.
Sesekali ulus-uluslah kepala musnag agar semakin nyaman dan dekat dengan anda dengan demikian musang akan mengenali anda dengan sendirinya dan mengenali bau badan anda , Yang terpenting janganlah berlaku kasar pada musang sebab jika kita berlaku kasar akan membuat musang merasa terancam walaupun hal tersebut hanya permainan menurut anda akan tetapi musang akan berfikiran lain sehingga menyerang anda .
Dalam memegang musang disarankan memakai baju berlengan panjang sebab musang memiliki kuku yang sangat panjang dan terkadang melukai tubuh kita, bisa juga kita memotong kuku musang setiap minggu namun dalam memotong kuku musang ada baiknya hanya ujungnya saja dan jangan sampai melukai kaki musang.
4. Menjaga kesehatan Musang
Bagi anda yang merasa musang anda kelebihan berat badan dan terasa sangat gemuk ada kalanya berhati-hati sebab musang bisa saja terkena obesitas atau kegemukan maka dari itu anda dapat mengajak musang berlari-lari disekitar taman untuk mengurangi berat badan musang, pengalaman saya sendiri saya selalu mengajak musnag peliharaan saya bermain dan berlarian di taman kota setiap sore untuk membuat berat badan musang terkontrol dengan baik.
Nah Itulah Panduan lengkap cara memelihara musang bagi pemula, bagi anda yang belum memiliki musang dan mencari tau harga dari musang itu sendiri dapat membaca artikel sebelumnya yaitu Pasaran Harga Musang Terbaru.
Panduan Lengkap Cara memelihara Musang Pandan Bagi Pemula | PILAT GEDE | 4.5