Mitos Khasiat ayam cemani Yang beredar di masyarakat

Khasiat ayam cemani – Ayam cemani merupakan ayam yang memiliki ciri-ciri badan yang hitam pekat dan hampir seluruh tubuhnya berwarna hitam, berbeda dengan ayam jago yang memiliki postur tubuh yaang kekar ayam cemani lebih gempal dan gemuk. biasanya ayam cemani hampir mirip dengan ayam hutan namun yang memebedakan adalah bentuk tubuh ayam cemani yang hampir seluruhnya berwarna hitam, mulai dari kulit, bulu bahkan daging ayam cemani berwarna hitam kemerah-merahan. Berbeda dengan ayam lainnya yang banyak diternakkan untuk di ambil daging dan telurnya ayam cemani tidak begitu banyak di ternakkan karena peminat akan daging ayam cenai tidak begitu banyak. cemani sendiri memang tidak sepopuler ayam jago atau ayam kampung namun banyak mitos yang mengatakan ayam cemani memiliki khasiat dan baik untuk kesehatan.
Banyak mitos juga yang mengatakan bahwa ayam cemani dapat mengusir roh jahat dan menangkal datangnya roh jahat, namun apakah benar semua mitos di atas atau itu hanya karangan masyarakat saja?. Berikut kita akan mengulas beberapa mitos khasiat ayam cemani yang di percaya dapat menyembuhkan penyakit :
khasiat ayam cemani, hasiat ayam cemani
GAMBAR : AYAM CEMANI (sumber: wikipedia)
1. Darah ayam cemani.
Banyak yang percaya darah hitam ayam cemani bisa membuat lelaki kuat dalam berhubungan intum jika di minum. Banyak juga masyarakat yang percaya jika darah ayam cemani di oleskan ke kepala bayi dapat membuat bayi terhindar dari gangguan palasik atau makhluk halus lainnya. Memang dari hasil pengamatan saya darah ayam cemani memang memiliki wrana yang berbeda dari darah ayam normalnya namun secara logika dan medis darah ayam cemani belum di tes dan di buktikan kebenarannya.
2. Bulu ayam cemani.
Banyak masyarakat indonesia termasuk suku batak yang percaya jika bulu ayam cemani dapat menangkal roh jahat yang akan mengganggu jika bulu tersebut di simpan di dalam dompet. Banyak juka suku batak yang mempercayai jika menemukan ayam cemani di tengah hutan akan dan menangkapnya maka akan mendapatkan berkah dan juga kesehatan dari roh opung mereka yang telah meninggal. Berhubung saya sebagai penulisblog ini  adalah keturunan asli orang batak saya tidak percaya hal mistis tersebut karena tidak mungkin roh orang yang telah mati dapat melindungi kita.
3. Minyak ayam cemani.
Selain darah dan bulu ayam cemani ternyata masuarakat juga percaya akan minyak ayam cemani dapat menyembuhkan luka dalam seperti terkilir atau keseleo. Cara mendapatkan minyak ayam cemani pun sangat mudah hanya tinggal mengkukus daging ayam cenai beberapa menit saya maka kita akan mendapatkan minyak asli dari ayam cemani. Namun ini hanya merupakan kepercayaan masyarakat saya dalam ilmu kedokteran belum pernah di lakukan dan belum terbukti secara medis.
4. Telur hitam ayam cemani
Seperti ayam kebanyakan ayam cemani juga bertelur namun hal yang tidak dapat saya jelaskan terkadang telur ayam cemani ada yang berwarna hitam. Telur hitam ini di percaya sebagai pembawa hoki, jika telur ini di simpan maka di percaya orang yang akan menyimpan telur ini akan selali tertimpa rejeki. Untuk mendapatkan telur inipun tidak sembarangan, hanya 1 dari 100 ayam cemani yang dapat menghasilkan telur berwarna hitam, secara logika tidak mungkin telur dapat mendatangkan hoki tanpa ada usah dari kita tidak akan mungkin rejeki datang.
5. Daging ayam cemani
Ini bukan sesuatu yang biasa lagi di lingkungan saya, daging ayam cemani biasanya di gunakan sebagai sesajen pada saat acara-acara tertentu. Seperti pada saat berjiarah ataupun pada saat acara adat di padu dengan nasi tumpeng membuat ayam cemani begitu istimewa. Saya tidak tahu kenapa tidak menggunakan ayam kampung atau ayam jago kenapa harus ayam cemani.?, namun sampai saat ini pertanyaan saya belum terjawab.
Nah itulah beberapa mitos yang mengenai ayam cemani yang beredar di masyarakat dan bemum di pastikan kebenarannya. Untuk harga ayam cemani sendiri bervariasi sesuai dengan ukuran dan umur ayam, seperti di daerah saya tinggal ayam cemani dihargai 100 ribu perekornya untuk ukuran normal atau berumur kira-kira 6 bulan untuk anakan biasanya 20 ribu saja perekornya. Untuk mendapatkan ayam cemani ini kita dapat membelinya di pasar-pasar tradisional atau bisa kita beli langsung di tempat peternakannya.
Dalam membeli ayam cemani tentunya ada tips agar tidak salah dalam memilih ayam yang baik dan sehat, berikut kita akan berbagi tips cara memilih ayam cemani yang baik dan sehat pada saat membeli :
TIPS MEMILIH AYAM CEMANI
1. Perhatikan mata ayam cemani jika mata ayam terlihat pucat sebaiknya hindari pembelian bisa saja ayam tersebut sedang sakit.
2. Perhatikan apakah badan ayam masih terasa hangat pada saat membeli, biasanya ayam memiliki badan yang hangat untuk ayam normalnya jika pada saat membeli ayam cemni memiliki suhu badan yang tidak terlalu hangat atau sedang-sdang sebaiknya hindari membeli ayam tersebut.
3. Ayam cemani memiliki badan hitam dan hampir seluruh badan ayam berwarna hitam, jika pada saat membeli bulu ayam cemani berwarna sebaiknya hindari membeli ayam tersebut bisa saja itu bukan ayam cemani namun ayam kampung.
Mungkin itu saja beberapa tips untuk memilih ayam cemani agar pembaca semua tidak keliru dalam membeli ayam cemani, semoga artikel ini dapat membatu sobat semua dalam memilih ayam cemani.
Mitos Khasiat ayam cemani Yang beredar di masyarakat | PILAT GEDE | 4.5