Memelihara kelinci untuk pemula yang baik dan benar

Kelinci merupakan hewan lucu yang banyak di pelihara oleh masyarakat indonesia, banyak yang memelihara kelinci hanya sebagai hobi ada juga yang memelihara kelinci untuk di ambil dagingnya. Banyak jenis kelinci di dunia ini, mulai dari kelinci lokal, kelinci anggora dan tentunya setiap jenis-jenis kelinci memiliki perbedaan dan ciri-ciri tersendiri yang sangat unik. Nah mungkin teman-teamn semua ingin memelihara kelinci namun tidak tau bagai mana sih memelihara atau beternat kelinci yang baik dan benar?, dalam kesempatan kali ini kita akan membahas pertanyaan tersebut agar kita semakin mahir dalam memelihara kelinci dan bisa menjadi peluang usaha dalam beternak kelinci berikut Tips memelihara kelinci untuk pemula :
merawat kelinci, memelihara kelinci, kelinci sakit
GAMBAR KELINCI (sumber: wikipedia)

1.    Belilah kelinci yang sehat
Untuk tah pertama belilah kelinci yang betul-betul sehat dan terjamin kwalitasnya anda dapat bertanya kepada penjual mana kelinci yang baik dan sehat. Sara saya belilah kelinci yang memiliki umur di atas 3 bulan karena jika di bawah 3 bulan biasanya kelinci tersebut rentan terhadap penyakit.
2.    Atur kandang sedemikian rupa
Nah untuk point kedua ini aturlah kandang kelinci anda sedemikian rupa agar kelinci nyaman di dalam kandang, usahakn di dlam kandang kelinci selalu hangat dan bebas dari rembesan air hujan, karena air hujan dan dingin dapat membuat kelinci kita rentan terkena penyakit terutam flu. Anda dapat meletakkan kain atau daun daun kering ke dalam kandang kelinci agar di dalm kandang kelinci selalu hangat.

3.    Berilah makanan yang alami
Berilah makanan hyang alami kepada kelinci kesayangan anda , anda dapat memberi kelinci makan berupa wortel, kangkung ataupun makan lain yang besifat alami. Makanan yang bersifat alami dapat membantu kelinci dalam masa pertumbuhan dan bagus buat kelinci, hindari makanan pelet atau makanan lain yang tidak alami karena yang alami lebih baik.

4.    Berilah air saja untuk minum kelinci.
Sama halnya seperti makhluk hidup yang lain kelinci juga memerlukan minum  , untuk minuman kelinci beri air putih atau air mineral saya jangan mencampurnya dengan bahan yang lain namun jika vitamin sah sah saja asalkan tidak sampai air minum menjadi berasa.

5.    Jangan memandikan kelinci untuk alasan apapun
Hal ini sering sekali terjadi untuk yang baru pertama kali memelihara kelinci jika melihat kelinci kotor, namun hal ini tidak di perbolehkan. Karena dapat membuat kelinci sakit dan kedinginan, saran saya jika kelinci terlihat kotor atau ada sesuatu yang lengket pada bulunya kita dapat memotong bulu tersebut untuk menghilangkan kotoran pada pulu kelinci dan tentu saja selalu ingat jangan sampai memandikan kelinci.

6.    Selalu perhatikan kebersihan kandang kelinci.
Kebersihan adalah point utama dalam memelihara kelinci jangan sampai kandang kelinci kotor oleh kotoran dan sisa makanan yang telah membusuk, jika sudah kotor sesegeralah bersihkan kandang kelinci dan bila perlu ganti air minum dan kain di dlam kandang kelinci dengan yang baru.

Nah itulah seputar tips memelihara kelinci untuk pemula yang baik dan benar semoga artikel ini dapat membantu sobat semua yang membaca.
Baca juga : FAKTA UNIK KECOA YANG BELUM ANDA KETAHUI

KATA KUNCI:
memelihara kelinci
tips memelihara kelinci
jenis kelinci
tentang hewan kelinci
ciri ciri kelinci
tip merawat kelinci

Memelihara kelinci untuk pemula yang baik dan benar | PILAT GEDE | 4.5