memelihara elang dalam islam Bisa atau tidak?

Memelihara elang dalam islam – siapa yang tidak kenal dengan burung elang? Yah burung yang satu ini mulai banyak dipelihara sebagai burung peliharaan yang cantik , tidak hanya sebagai burung peliharaan elang juga sering dimanfaatkan sebagai burung pembasmi hama dengan cara melatih elang menangkap tikus dan hewan hama lainnya. Elang juga sering diadukan dalam sebuah perlombaan atau kontes burung pemburu.
Pastinya sebelum kita memelihara burung elang kita akan bertanya-tanya dalam hati apakah memelihara elang dalam islam dilarang?.Dalam islam telah tertulis “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang memakan setiap binatang buas yang bertaring, dan setiap jenis burung yang mempunyai kuku untuk mencengkeram.”( HR. Muslim no. 1934), yang berarti kita hanya diharamkan memakan atau mengkonsumsi burung yang bercakar atau hewan yang bercakar serta bertaring yang digunakan untuk mencengkram dan membunuh mangsanya, bukan berarti kita tidak dapat memelihara hewan tersebut.
memelihara elang
Gambar : lelaki berama elamg laut

Seperti yang kita ketahui sebelumnya banyak sekali jenis burung elang, seperti elang jawa, elang laut dan masih banyak jenis elang yang tersebar luar diseluruh dunia, untuk melihat atau sekedar  mencari tau bentuk dari segala jenis elang kita dapat mengunjungi kebun binatang disana akan ada banyak jenis elang yang kita temukan, akan tetapi setiap kebun binatang memiliki kekurangan dimana hanya ada beberapa jenis elang saja yang  dikoleksinya. Sejauh penulis menelusuri beberapa kebun binatang seperti kebun binatang medan dll kebun binatang pematangsiantar adalah yang terlengkap di sumatera utara maka dari itu untuk melihat-lihat jenis elang anda dapat mengunjungi kebun binatang pematangsiantar.
Baca Juga : Mitos menabrak kucing dijalan sampai mati menurut islam
memelihara elang dalam islam Bisa atau tidak? | PILAT GEDE | 4.5