Makanan ikan Talapia Hitam dan Merah agar cepat besar

Ikan talipia atau bisa juga disebut ikan tilapias adalah jenis ikan air tawar yang biasanya hidup disekitar sungai dan rawa-rawa, ikan ini menjadi salah satu jenis ikan yang banyak digemari oleh masyarakat dikarenakan rasanya yang sangat nikmat dan gurih jika di olah menjadi makanan tertentu. tidak hanya itu saja ikan ini menjadi sumber nutrisi yang murah dan dapat di jangkau oleh siapa saja. Ikan talapia masih kerabat dekat dengan ikan nila dan mujair maka dari itu ikan ini hampir sama jika diperhatikan secara seksama.

Ikan talapia yang paling diburu adalah ikan talapia merah dan hitam , sebab dipercaya dapat mengobati penyakit tertentu, walaupun belum dapat dibuktikan kebenarannya. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas makanan ikan talapia yang dimana cocok dijadikan sebagai pakan untuk budidaya atau sekedar ingin tahu apa makanan ikan ini dialam liar dan di peternakan dan di tempat budidayanya.

makanan ikan talapia

Gambar : ikan talapia hitam dan merah taken from google images

Makanan ikan Talapia di alam liar

Ikan talapia adalah ikan air tawar dimana memiliki nafsu makan yang normal, tidak seperti jenis ikan lainnya yang cenderung memiliki nafsu makan yang kuat, makanan ikan talapia di alam liar sebenarnya hampir sama dengan kebanyakan ikan sejenisnya , dimana ikan ini biasanya memakan cacing, serangga kecil yang jatuh ke air, sisa makanan manusia seperti nasi DLL, terkadang ikan ini juga memakan lumut atau tumbuhan yang ada disekitar sungai.

Didalam budidayanya ikan ini biasa diberi makan berupa pellet ikan dan terkadang diberi makan berupa cacing atau belatung, ikan talapia merah dan hitam sangat menyukai makanan berupa cacing segar seperti cacing tanah dan cacing sutra, untuk anakan ikan talapia biasanya cacing sutra adalah pilihan utama.

Untuk budidaya ikan talapia sebaiknya ditempat atau kolam dengan air yang jernih dan baik terhindar dari pencemaran air seperti sabun, dtergen dan hal lainnya agar tidak mempengaruhi pertumbuhan ikan nantinya, jika memungkinkan air dalam kolam sebaiknya mengalir agar ikan semakin sehat dan cepat besar serta gemuk, namun tetap di berikan makan secara teratur setiap harinya.

Simak Juga  : 4 Perbedaan Ikan nila dan mujair

Makanan ikan Talapia Hitam dan Merah agar cepat besar | PILAT GEDE | 4.5