Kelebihan daging ayam kampung di banding dengan ayam potong

Siapa tidak mengenal ayam kampung? Ayam yang biasa di sebut ayam kampung oleh masyarakat untuk ayam yang sering di pelihara masyarakat dan tentunya ayam ini dalam pemeliharaanya tidak memakan makanan buatan seperti pelet dan semacamnya namun makanan ayam kampung adalah makanan alami seperti jagung, beras dan lainya. 


Umumnya dalam pemeliharaannya masyarakat indonesia tidak terlalu memikirkan penghasilan karena kebanyakan masyarakat indonesia memelihara ayam ini untuk konsumsi pribadi dan tidak untuk di jual, namun ada beberapa kelebihan daging ayam kampung di banding dengan ayam pedanging atau ayam potong berikut TENTANG HEWAN akan mengulas nya untuk anda :
ayam kampung keras, perbedan daging ayam kampung
GAMBAR : DAGING AYAM KAMPUNG (sumber: wikipedia)
1. Daging ayan kampung Keras
Tidak seperti ayam potong yang memiliki daging cukup lembek, ayam kampung memiliki tekstur daging yang lebih keras sehingga dalam pengelolahannya dagingnya ayam kampung lebih mudah di banding dengan ayam potong yang terbilang sulit karena memiliki daging yang lembek dan mudah hancur.
2. Daging ayam kampung sedikit mengandung lemak
Hal ini sudah tidak asing lagi pada ayam kampung karena umumnya makanan ayam kampung adalah makanan alami yang tidak terlalu banyak mengandung lemak sehingga membuat daging ayam ini menjadi makanan yang sangat baik di makan bagi yang tidak menyukai makanan berlemak, di banding dengan ayam potong yang memiliki banyak lemak dan juga memiliki banyak minyak ketika di goreng.
3. Daging ayam kampung lebih manis
Bicara soal rasa ayam kampung memiliki daging yang manis dan lebih guri jika di bandingkan dengan ayam potong, daging ayam ini lebih manis dan tidak akan menimbulkan muak ketika memakannya jika di banding dengan daging ayam potong yang tidak terlalu manis karena jika di lihat dari segi makanan ayam kampung memakan pakan alami seperti jagung dll sedangkan ayam potong mayoritas memakan pelet.
4. Daging ayam kampung lebih baik di konsumsi
Daging ayam kampung sangatlah sehat jika di konsumsi karena seperti penjelasan di ata ayam ini memakan pakan alami dan juga bebas akan lemak yang berlebihan sehingga lebih baik di konsumsi tidak seperti ayam potong yang memakan pakan tidak alami seperti pelet saja dan membuat ayam potong memiliki lemak jenuh dan tidak baik di konsumsi oleh pengidap kolesterol tinggi.
5. Harga
Jika melihat dari segi harga ayam potong pastinya lebih mahal di banding dengan ayam potong karena seperti penjelasan di atas dan juga penjualan daging ayam potong tidaklah massal seperti ayam potong yang memiliki masa panen 3 bulan sekali juga harga daging ayam potong sangatlah murah.
Namun anda jangan terkecoh pada masalah harga dan rasa saat ini ayam kampung juga sudah ada yang di ternakkan dengan menggunakan metode seperti ayam potong dengan memberi pakan ayam kampung pelet dan proses pnyuntikan akan ayam kampung cepat berkembang. Sebaiknya untuk menghindari pembelian ayam kampung hasil ternak seperti ayam potong anda harus lebih jelih dalam membeli sebaiknya tanyakan pada penjual saja namun jika anda ragu belilah ayam kampung di sekitar tempat anda tingga pastinya ada masyarakat yang memelihara ayam kampung ini.
Itulah dia sedikit penjelasan mengenai kelebihan daging ayam kampung dengan ayam potong, semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat pembaca dalam membedakan daging ayam kampung.
KATA KUNCI:
Kelebihan daging ayam kampung di banding dengan ayam potong | PILAT GEDE | 4.5