Cara mudah mengawinkan burung kenari bagi pemula

mengawinkan burung kenari –  mengawinkan kenari sebenarnya sangatlah mudah jika dilakukan dengan baik dan memiliki pengalaman dalam mengawinkan burung yang satu ini, akan tetapi bagi mereka yang masih awam dan baru pertama kali mengenal dan beternak burung kenari dan berniat untuk mengawinkannya tentu merupakan hal yang besar dan terasa sulit. Burung kenari adalah jenis burung kicauan yang saat ini mulai populer dikalangan para pecinta burung kiacauan sebab kicauan burung kenari memiliki suara yang khas yang tidak ada pada burung lainnya.
Pada kesempatan kali ini kita akan membahas cara mengawinkan burung kenari dari tahap awal hingga sukses akan tetapi sebelum melakukan hal ini, pastikan anda sudah memiliki 2 ekor burung kenari jantan dan betina yang sudah siap untuk kawin dengan cara memeprhatikan ciri-ciri dari kenari tersebut. Ciri-ciri burung kenari jantan dan betina yang siap kawin biasanya dilihat dari ciri-ciri umum kenari tersebut.
Cara mudah mengawinkan burung kenari bagi pemula
Gambar: burung kenari
MENGAWINKAN BURUNG KENARI
Kenari betina siap kawin
1. Kenari betina yang siap kawin biasanya memiliki ciri yang khas pada bagian kelamin ditandai dengan warna kemerahan pada bagian kelamin yang menandakan siap untuk memasuki masa kawin.
2. Ciri lainnya yang dapat diamati adalah dengan melihat kicauan dari burung terebut yang berbunya memanggil pejantan, hal ini ditandai dengan bunyi khas pada saat burung ini berkicau.
3. Ciri yang paling mudah menandakan kenari siap kawin adalah dengan memperhatikan kebiasaan dari kenari tersebut, kenari betina yang siap kawin akan tampak mengumpulkan benda seperti kertas dan serabut pada sangkar untuk membuat sarang.
4. Pada bagian kepala kenari betina akan tampak bulat.
kenari jantan dan betina
Gambar :ciri-ciri kenari jantan dan betina (barubatu.blogspot.com)
Kenari jantan siap kawin
1. Kenari jantan yang siap kawin akan tampak lebih aktif gerakannya dan sering meloncat kesana kemari menandakan siap untuk kawin.
2. Pada saat melompat dan beterbangan disekitar kandan kenari jantan akan lebih sering ingin keluar dari kandang dengan menabrakkan diri ke jeruji kandan, hal ini ciri umum pada saat kenari jantan memasuki masa kawin.
3. Pada bagian kepala kenari jantan akan tampak lebih ramping dari kenari betina.
4. Kenari jantan yang siap kawin akan berkicau lebih kuat dan gacor dari biasanya , akan tetapi ciri ini tidak dapat menjadi patokan sebab bisa saja kenari berkicau sangat kuat dari biasanya namun belum memasuki masa kawin.

Tahap Perkawinan burung kenari

Setelah memperhatikan tanda dan ciri-ciri kenari yang telah siap untuk kawin, tahap selanjutnya dalah tahap mengawinkan burung kenari dengan cara memasukkan kedua kenari pada kandang khusus untuk ternak kenari, pilihlah kandang yang berukuran besar agar kenari dapat bergerak aktif didalam kandang tersebut, setelah itu masukkanlah kenari jantan dan betina kedalam satu kandang dan pastikan kenari jantan menaiki kenari betina hal ini adalah fase dimana kenari dalam tahap kawin. Atau tahap penjodohan kenari Dalam tahap ini cukup dilakukan 1 hingga 2 jam selama 4 hingga 5  hari berturut-turut agar kenari lebih rileks dan kemungkinan kegagalam minim. Setelah hal ini sudah terjadi tahap selanjutnya adalah membiarkan kenari betina pada kandang khusus sampai betina bertelur dan megerami telurnya hingga menetas , biasanya dalam waktu 12 hingga 15 hari telur akan menetas maka dari itu pada saat telur belum menetas pastikan suasana kandang nyaman dan jauh dari kebisingan , bisa kita tempatkan kandang kenari pada tempat yang nyaman dan jauh dari kebisingan.

Tahap Perawatan kenari yang sedang memiliki anak

kenari dalam kandang
Tahap ini adalah tahapan yang sangat penting dan harus dipahami sebab jika kita tidak merawat kenari yang sedang memasuki tahap mengerami telur dan merawat anaknya, kemungkinan besar kenari akan stress, pastikan kandang kenari selalu terjaga dari kehangatan serta asupan makanan dan minuman selalu terjaga, sesekali berilah vitamin pada minuman kenari agar sehat.
Nah itulah cara mengawinkan dan ternak kenari yang dapat dilakukan bagi anda yang ingin mengawinkan kenari harap sebelum mencobanya pastikan anda mengikuti setiap tahapan dari artikel ini agar sukses dalam mengawinkan kenari nantinya, jika ada pertanyaan seputar mengawinkan kenari bisa bertanya melalui form komentar di bawah.

Baca Juga : cara merawat burung kenari agar sering berkicau dan gacor

Cara mudah mengawinkan burung kenari bagi pemula | PILAT GEDE | 4.5