Cara Merawat Dan Memelihara Ikan Koi Dengan Baik Untuk Pemula

Cara Merawat Ikan Koi | Memeihara Koi merupakan sebuah hobi, bisa dibilang sebuah aktifitas yang menyenangkan. Pastinya jika anda pecinta bududaya ikan harus coba membudidayakan Koi juga.  Memelihara ikan Koi banyak sekali caranya, setiap orang berpendapat bebeda tentang cara budidayanya. Jika dipikir dua kali, pastinya memelihara koi sangat bermanfaat, lebih lebih menghasilkan uang dari penjualan ikan Koi.

Seperti yang saya sampaikan, bahwa budidaya ikan koi berbeda beda. Hal tersebut ditengarai karena lingkungan atau tempat memeliharanya. Koi yang dipelihara didalam aquarium berbeda cara memeliharanya dengan koi yang ada dikolam. Menurut banyak orang, memelihara koi didalam aquarium tidak dianjurkan, sebenarnya boleh namun hanya untuk menghias ruangan saja hanya saja perawatan yang diberikan harus extra. Jika memelihara di kolam itu lebih wajar, juga mempercantik tampilan dasar rumah. Bukan hanya itu, koi yang dipelihara dikolam lebih produktif dan pastinya akan bertelur, dibanding dikolam.

memelihara ikan koi, merawat ikan koi, koi , kolam koi

Gambar IKan Koi Di dalam Kolam From Pixabay

Ikan Koi identik dengan bentuk tubuh yang fleksibel yang dilapisi dengan sisik berwarna warni. Inilah yang menjadi daya tarik tersendiri untuk dipelihara para pecinta ikan. Nah, jika memang punya ikan koi, haruslah kita mengetahui cara merawatnya dengan baik dan benar. Kali ini saya akan memberikan tips merawat ikan koi yang baik dan benar untuk pemeliharaan di kolam. Mengapa saya bahas yang dikolam saja ? Karena mayoritas orang memlihara koi di kolam, jika di aquarium haruslah aquarium yang besar, karena ukuran ikan koi juga lumayan besar. Langsung saja kita simak tentang bagaimana memelihara ikan koi yang baik dan benar.

Merawat Dan Memelihara Ikan Koi

Tempat Hidup Ikan Koi

Ikan koi habitat aslinya ialah dilingkungan yang bersih dan bagus. Untuk itu perlu pembuatan kolam yang sesuai dengan habitat aslinya. Ukuran kolam ikan koi harus besar, minimal ialah 1,5 Meter kali 2 Meter dan kedalaman 80 Cm sampai 50 Cm. Kolam yang dalam akan berpengaruh untuk menghindarkan pemancaran sinar matahari yang berlebih. Selanjutnya ialah pH keasaman air, lebih baik ialah 6,5 sampai 8,5. Tidak boleh kurang atau lebih, agar cocok untuk perkembangan koi tersebut. Jangan lupa memberi sirkulasi air dengan memasang pompa yang memasok pengulangan air dengan 20 liter permenit. Untuk membersihkan filter pompa, anda bisa mencopotnya dan membersihkannya manual dengan cara disemprot air bersih selama 7 menit agar kotoran dan zat tidak perlu dapat hilang.

Simak Juga : JENIS-JENIS IKAN KOI YANG BANYAK DI GEMARI

Pemberian Pakan

Untuk menjaga Koi tetap bagus dan sehat, pemberian pakan sangat penting dan harus optimal. Pemberian Pakan ke Koi bertujuan utama untuk perkembangan tubuh dan kecerahan warna ikan tersebut. Ingat juga, pakan harus mengandung banyak gizi yang dibutuhkan oleh koi. Misal jenis pakan wheat germ. Weat germ, merupakan makanan yang berbahan protein tinggi dan bagus untuk perkembangan ikan. Selain itu wheat germ juga mengandung vitamin A, D, E, ,B2, B6, B12, Niasin dan vitamin C. Bukan hanya itu namun juga terdapat mineral seperti kalsium dan antioksidan.

Jika ingin menjadikan ikan Koi memiliki warna yang cerah, jangan lupa memberikan makanan jenis Karoten. Bahan makanan jenis tersebut dapat berbentuk seperti wortel, alga, ganggang, semangka, sawi, kubis dan cabai hijau. Sedangkan pakan daging dapat diberikan sebagai sampingan seperti nyamuk, jentik jentik nyamuk, udang dan lainnya.

Itulah cara  merawat ikan Koi dengan benar. Jika sudah begitu pastinya budidaya koi bisa berhasil dan menjadikan ladang bisnis penjualan koi. Selamat mencoba.


Cara Merawat Dan Memelihara Ikan Koi Dengan Baik Untuk Pemula | PILAT GEDE | 4.5