Cara Mengawinkan Tupai Sendiri Dirumah Sampai Berhasil

Mengawinkan tupai sebenarnya sangat mudah jika sudah berpengalaman dalam hal ini, namun bagi mereka yang baru pertma kali memelihara tupai dan hendak mengawinkannya akan terasa sulit sebab tupai tidak akan kawin begitu saja. Berbicara mengenai tupai hewan pengerat yang satu ini sudah sangat populer dipelihara sebagai hewan peliharaan yang eksotik, banyak anak muda terutama mereka yang memang menyukai hewan-hewan yang unik memelihara tupai sebagai hewan peliharaan, dalam memelihara tupaipun sangat mudah seperti artikel saya sebelumnya yakni Memelihara tupai untuk pemula serta perawatannya , namun jika anda sudah mengikuti hal tersebut belum tentu anda dapat mengawinkan tupai begitu saja.

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tips cara mengawinkan tupai dengan mudah berdasarkan pengalaman pribadi saya memelihara tupai, namun sebelum melakukan hal ini ada beberapa syarat yang harus di penuhi agar nantinya sukses dan tupai peliharaan anda semakin banyak.

Cara mengawinkan tupai

Gambar Tupai taken from wikipedia

Cara mengawinkan Tupai Sendiri

Sebelum mengawinkan tupai ada beberapa tips yang harus anda penuhi agar nantinya tupai dapat dengan mudah kawin dan prosesnya tidak terlalu sulit, pertama tupai yang anda ingin kawinkan haruslah memiliki umur yang sudah mencukupi yakni umur 1 tahun dan jika memungkinkan tupai jantan lebih tua daripada yang betina agar lebih mudah nantinya dalam proses kawin terjadi. Selain itu pastikan tupai dengan jenis yang sama jika anda hendak mengawinkan tupai kelapa sebaiknya keduanya baik jantan dan betina adalah tupai kelapa , sebab berdasarkan pengalaman tupai yang berbeda jenis akan berantam dan proses perkawinan tidak terjadi sama sekali.

 

Jika kriteria di atas anda penuhi lihat terlebih dahulu apakah tupai sudah siap kawin atau tidak, untuk yang jantan akan lebih sering mengeluarkan air seni di sekitar kandan dan sesekali menyeret bagian belakang tubuhnya ke lantai kandang, utnuk yang betina di kenali dengan ciri-cirinya yang pada bagian dubur akan berwarna merah. Setelah itu jangan langsung memasukkan tupai kedalam kandang dan sebaiknya dipisahkan dalam kandang yang berbeda namun berdekatan agar tupai berkenalan terlebih dahulu, proses ini memakan waktu sekitar 4-5 hari, dan setelah itu tupai di gabung dalam kadang yang bersamaan, proses kawin akan terjadi namun proses ini tidak dapat ditebak dengan pasti berapa lama, namun biasanya akan berlangsung selama 2-5 hari.

Proses Kehamilan Tupai

Tupai yang sudang memasuki masa kehamilan akan berlangsung selama 40 hari, dana kan melhirkan 1-4 ekor anak tupai, dalam masa ini sebaiknya asupan makanan untuk indukan tupai ditambahi sebab mengingat indukan tupai sudah memberikan asupan berupa susu pada bayi tupai tersebut, dalam masa 6-7 minggu anda baru bisa memegang anakan tupai sebab berdasarkan pengalaman pribadi indukan tupai tidak akan mau mengurus dan menyusui anaknya jika sudah kita sentuh.

jika anakan tupai sudah memasuki independen anda dapat memisahkan tupai anakan dengan indukan dan perawatannya sesuai dengan bagai mana anda mengurus dan merawatnya layaknya merawat tupai dewasa.nah itulah cara mengawinkan tupai, semoga dapat bermanfaat bagi anda semua, jika ada pertanyaan bisa bertanya melalui form komentar di bawah terimakasih.

 

Simak Juga  : 3 Penyebab Tupai Mati Mendadak Yang harus diketahui

 


Cara Mengawinkan Tupai Sendiri Dirumah Sampai Berhasil | PILAT GEDE | 4.5