CARA MEMILIH, MENGATUR SERTA MERAWAT KANDANG KELINCI

Untuk anda pecinta kelinci! Jika anda baru saja memutuskan untuk memelihara kelinci, maka sebaiknya anda harus menyadari beberapa hal yang harus diperhatikan untuk merawat hewan yang satu ini.
Ada banyak hal yang harus kita persiapkan sebelum merawat si hewan mungil berbulu ini. Selain makanan bergizi, air bersih, mainan dan kasih sayang, tempat tinggal atau kandang merupakan faktor terpenting yang harus kita persiapkan dengan matang dari awal. Banyak pemilik hewan peliharaan yang terkadang lalai untuk memperhatikan kandang sebagai tempat tinggal hewan peliharaannya. Dari mulai memilih kandang yang tepat sampai dengan mengatur dan merawat kandang itu sendiri, diperlukan perhatian yang lebih untuk mempersiapkan sebuah rumah yang nyaman bagi hewan peliharaan. Dengan demikian, berikut merupakan beberapa tips bagaimana untuk memilih, mengatur serta merawat kandang untuk kelinci-kelinci anda.
kelinci didalam kandang
Kelinci didalam Kandang

1. Memilih Kandang

Hal yang paling utama dan terpenting adalah memilih kandang. Dalam memilih kandang untuk kelinci, pastikan anda memilih kandang dengan kualitas dan jenis terbaik. Biasanya hal ini dapat dilihat dari bahan penyusun serta desain kenyamanan kandang. Pastikan bahan penyusun kandang yang anda pilih merupakan bahan yang kokoh dan kuat, agar kelinci-kelinci anda tidak dapat merusak kandangnya sendiri. Selain itu pilihlah desain kandang yang menurut anda sesuai dengan selera anda, karena kenyamanan dan keindahan pada kandang kelinci bukan hanya dinikmati oleh kelinci tersebut akan tetapi pemiliknya serta orang lain yang melihatnya.
Hal lain yang perlu dipertimbangkan ketika memilih kandang adalah ukuran, memperhatikan ukuran sebuah kandang untuk kelinci amatlah penting. Terlebih jika anda berniat untuk memelihara lebih dari satu ekor kelinci. Akan dibutuhkan kandang yang lebih besar dan kokoh untuk menampung kelinci-kelinci tersebut. Besar kecilnya ukuran kandang juga akan berpengaruh terhadap sirkulasi udara baik yang keluar ataupun masuk ke kandang. 

2. Tilami kandang dengan kain lembut

Pertama kali ketika anda membeli atau membuat kandang, terkadang bagian bawah dari kandang anda terbuat dari kawat atau kayu yang keras. Dengan demikian anda perlu menutupinya dengan kain lembut atau jerami agar kelinci-kelinci anda merasa nyaman ketika tidur atau berada diatasnya. Hal ini juga akan berguna ketika musim dingin tiba, kain lembut atau jerami akan memberikan kehangatan untuk kelinci. Kain lembut atau jerami yang digunakan sebagai alas setidaknya memiliki ketebalan 2 sampai 5 inchi. Untuk memberikan kenyamanan pada kelinci-kelinci anda, sebaiknya anda harus rutin mengganti alas kandang minimal sekali dalam seminggu.

3. Menyediakan makanan dan air

Faktor penting lainnya yang harus ada di dalam kandang ialah media untuk makan dan minum kelinci. Kedua hal ini sangatlah penting, penyediaan makanan dan minuman di dalam kandang haruslah tertata dengan baik. Dari mulai tempatnya hingga makanan dan minumannya. Pada umumnya, kelinci terbiasa makan langusng di atas alas dari kandang. Sedangkan untuk media minum kelinci, sebaiknya anda menyediakan sipper botol agar air tidak mudah tumpah. Penggunaan mangkuk untuk tempat air minum kelinci sangatlah rawan. Anda juga harus memperhatikan makanan yang akan anda berikan pada kelinci-kelinci anda. Makanan yang diberikan pada kelinci haruslah memiliki nilai gizi yang cukup.
Untuk menjaga kesegaran makanan dan minuman yang anda berikan pada kelinci, pastikan anda menggantinya setiap hari.

4. Membersihkan kandang

Hal yang terpenting lainnya adalah membersihkan kandang. Kelinci akan merasa nyaman ketika kandang yang mereka tinggali bersih dan rapih. Hal ini juga berpengaruh pada kesehatan kelinci-kelinci anda. Jika kandang yang mereka tinggali kotor. Besar kemungkinan kelinci-kelinci anda dapat dengan mudah terserang penyakit. Jika kandang yang mereka tinggali terjaga kebersihannya kemungkinan kelinci anda terserang penyakit akan kecil, Pastikan anda membersihkan kandang kelinci minimal sekali dalam sehari. 

Baca Juga : Bulu Kelinci Rontok? ini Penyebabnya

CARA MEMILIH, MENGATUR SERTA MERAWAT KANDANG KELINCI | PILAT GEDE | 4.5