Memelihara tupai untuk pemula serta perawatannya

Tupai atau Bajing merupakan hewan pengerat yang sering kita jumpai di sekitar rumah kita, tupai biasanya menghabiskan hidupnya di atas pohon dan jarang sekali turun ke bawah tanah. Jenis-jenis tupai pun beragam di dunia ini seperti di undonesia ada tupai kelapa dan ada tupai terbang tentunya kedua tupai ini memeiliki perbedaan masing-masing.
Seperti tupai kelapa yang aktif pada siang hari sedangkan tupai terbang lebih akti pada malam hari, bentuk fisik dari kedua tupai ini pun berbeda seperti tupai kelapa yang sedikit lebih besar di banding tupai terbang.tupai merupakan hewan yang sangat manis dan menggemaskan untuk di pelihara dan juga pemelihraannya yang tidak memerlukan perhatian khusus juga keahlian. Namun pernahkan terlintas di benak anda untuk memelihara tupai ? jika anda ingin memulai memelihara tupai namun tidak tau hal apa saja yang ingin anda lakukan pada saat memelihara tupai berikut tips memelihara tupai untuk pemula :

memelihara tupai, memelihara tupai kelapa
GAMBAR : TUPAI (sumber: wikipedia)

1. Tentukan jenis tupai yang ingin anda pelihara.
Dalam memelihara tupai tahap pertama yang harus anda lakukan adalah memeilih jenis tupai apa yang ingin anda pelihara, saya sarankan untuk memelihara tupai kelapa saja di banding tupai terbang karena tupai kelapa aktif pada siang hari jadi kita dapat bermain denganya pada siang hari. Selain aktif pada siang hari tupai kelapa juga sangat mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitar dan tidak terlalu sulit menemukan makannya. Untuk mendapatkan tupai dan membelinya anda dapat membeli tupai di petshop atau mencari sendiri tupai di hutan namun saya sarankan untuk membelinya saja. Dalam membeli tupai sebaiknya pilihlah tupai yang masih muda , jangan membeli tupai yang sudah dewasa karena akan sulit nanti menjinakkannya. Jika anda ingin membeli 1 tupai saja pilihlah tupai betina karena jika sudah dewasa nanti tidak akan rewel karena tupai betina tidak terlalu aktif dalam mencari pasangan di banding dengan tupai jantan.

2. Pilihlah jenis kandang yang luas dan baik.
Dalam memelihara tupai pilihlah jenis kandang yang luas agar tupai dapat bergerak bebas di dalam kandang , ukuran kandang yang saya sarankan adalah ½ sampai 1 meter itu merupakan ukuran yang sangat luas untuk 1 tupai. Dalam memilih kandang pun jangan salah pilih karena tupai merupakan hewan pengererat yang memeiliki gigi yang sangat kuat, jangan sampai  anda memilih kandang yang berbahan dasar kayu karena akan mudah di rusak oleh tupai sebaiknya anda memilih atau membuat kandang tupai dari bahan besi atau kawat yang tidak akan mudah di rusak oleh tupai.

3. Aksesoris di dalam kandang.
Aksesoris di dalam kandang berguna untuk tupai bermain dan mengasah kelincahaan tupai, anda jangan ambil pusing dalam membuat aksesoris di dalam kandang tupai anda dapat meletakkan ranting atau kayu di dalam kandang tupai sebagai tempat tupai bermain. Anda juga dapat membuat sebuah kardus petak atau kayu petak yang sudah anda lubangi di tengah-tengahnya sebagai tempat bagi tupai untuk tidur dan beristirahat.

4. Perhatikan makan tupai
Seperti yang saya utarakan di atas dalam memelihara tupai merupakan hal yang sangat mudah , dalam memberi makan tupai pun tidak perlu penjadwalan karena tupai merupakan hewan yang suka makan. Dalam pemberian makannya anda dapat meletakkan buah seperti pisang, pepaya atau kelapa di dalam kandang tupai sebagai makannya, tidak perlu menyuapi tupai karena tupai akan memakan sendiri makanan yang ada.

5. Perhatikan Air di dalam kandang tupai
Sama halnya dengan makhluk hidup yang lain tupai juga memerlukan minum, perhatikanlah selalu air di dalam kandang tupai jangan sampai tupai anda dehidrasi. Walupun memang tupai jarang minum karena mayoritas makanan tupai sudah mengandung banyak air namun air minum juga penting di dalam kandang tupai.

6. Perhatikan kebersihan kandang
Dalam memelihara tupai perhatikan juga kebersihan kandang tupai, jangan sampai sisa-sisa makanan yang telah membusuk beserakan di dalam kandang tupai. Hal ini dapat membuat tupai tidak betah di dalam kandang dan dapat membuat tupai sakit. Jangan lupa juga untuk mengganti air minum di dalm kandang tupai dengan yang baru hal ini penting agar tupai anda sehat selalu.

7. Ajaklah tupai untuk bermain
Dengan mengajak tupai bermain akan membuat anda semakin akrab dengan tupai anda , sesekali eluslah kepala tupai anda dengan demikian tupai akan semakin hafal dengan anda dan juga bau badan anda. Cara ini juga dapat membuat tupai anda semakin jinak namun anda harus memakai kaos lengan panjang jika anda tidak ingin terluka karena tupai memiliki kuku yang panjang dang sedikit tajam. Satu kali dalam seminggu anda dapat memotong kuku tupai anda namun anda harus berhati-hati dalam memotong jangan sampai melukai tupai kesayangan anda.

Nah itulah dia cara merawat dan menjinakkan tupai untuk pemula, semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat pembaca semua.
Baca juga : GAYA ANJING YANG DAPAT MEMBUAT KITA TERTAWA

KATA KUNCI :
tupai
tentang hewan tupai
memelihara tupai
cara memelihara tupai
jual tupai
jual tupai terbang
kandang tupai

Memelihara tupai untuk pemula serta perawatannya | PILAT GEDE | 4.5