Cara memelihara ikan hias di akuarium untuk pemula

ikan hias merupakan ikan yang banyak di pelihara di dalam akuarium dan di rumah, selain menambah keindahan rumah ikan hias juga dapat membuat rumah menjadi lebih indah dan semakin membuat kita betah berlama-lama di dalam rumah. banyak jenis ikan hias yang dapat di pelihara di dalm rumah seperti ikan arwana, ikan sirip merah, ikan pari, bvahkan ikan yang sangat eksotis seperti ikan piranha juga dapat di pelihara di dalam akuarium. untuk mendapatkan ikan hias kita dapat membelinya dio petshop atau pasar ikan yang menjual ikan hias, harga dari ikan hias sendiri pun bervariasi tergantung jenis dan ukuran ikan. namun banyak yang berfikir memelihara ikan hias itu merepotkan dan susah ternyata gampang asal mengikuti prosedur yang baik dan benar. nah untuk toturial kali ini kita akan membahas cara merawat ikan hias yang baik dan benar untuk pemula :
cara memelihara ikan hias, ian hias
GAMBAR : IKAN HIAS (sumber:wikipedia)

1. Perhatiakan jenis ikan apa yang anda pelihara.

dalam memelihara ikan hias perhatikan jenis ikan apa yang ingin anda pelihara apakah ikan air tawar seperti koi atau ikan air asin seperti ikan fugu. ini penting dalam perawatan ikan dan juga bertujuan dalam proses pemeliharaan, bagi anda yang memiliki rumah jauh dari laut saya sarankan agar memelihara ikan air tawar saja agar tidak ribet mencari air laut untuk ikan hias peliharaan anda.
2. Perhatikan Ukuran akuarium
dalam memelihara ikan hias perhatikan juga ukuran akuarium untu tempat ikan hias anda, semakin besar akuarium semakin baik agar  ikan dapat bergerak bebas di dalam akuarium. 
3. Tumbuhan di akurium
agar ikan betah di dalam akuarium sebaiknya anda meletakkan tumbuhan air di dalam akuarium agar kita terbiasa dan betah di dalam akuarium. tumbuhan di dlam akurium juga membantu pernafasan dan persediaan oksigen bagi ikan. tumbuhan di dalm akuarium dapat anda cari di sungai atau kolam kolam, saya menyarankan agar anda menaruh eceng gondok saja di dalam akuarium selain mudah di temukan eceng gondok juga baik bagi ikan.
4. Aksesoris akuarium
aksesoris di akuarium juga bermanfaat dalam mempercantik akurium dan membuat ikan nyaman di dlam akuarium, anda dapat meletakkan berupa batu karang atau pipa bekas sebagai aksesoris di dalam akuarium. aksesoris di dalam akuarium juga berfungsi sebagai tempat ikan beristirahat dan bersembunyi.
5. Filter akuarium
Filter di dalam akuarium berguna untuk menyaring air dan membantu pernafasan ikan di dalam akuarium, pilihlah filter akuarium yang baik dan berkualitas agar ikan di dlam akuraium sehat dan bebas dalam masalah penyakit.
6. Perhatikan makanan dan air di dalam akuarium
selalu perhatikan kebersihan air di dalam akuarium, jika air di dalam akuarium sudah keruh dan kotor sebaiknya segeralah ganti dengan air yang baru untuk menghindari penyakit pada ikan seperti jamur dan yang lainnya. perhatikan juga selalu makanan ikan di dalam akuarium jangan sampai ikan hias kita di dalam akuarium kelaparan.
Nah itulah tips cara memelihara ikan hias di dalam akuarium untuk pemula.
semoga artikel ini dapat membantu dalam memelihara ikan ikan hias kesayangan anda.
Baca juga : TIPS MEMBELI IKAN KOI YANG BERKWALITAS
KATA KUNCI:
Cara memelihara ikan hias di akuarium untuk pemula | PILAT GEDE | 4.5