Cara memelihara ikan buntal Beserta tips dan perawatannya

Memelihara ikan buntal – Ikan buntal air tawar cendring sering dijadikan ikan hias peliharaan didalam akuarium sebab selain memiliki keunikan yang tidak dimiliki ikan hias lain ikan buntal cendrung lebih mudah dalam perawatannya serta pemberian makan ikan buntal yang tidak suka memilih-milih dalam makanan. Ikan buntal yang dimaksud disini adalah ikan buntal yang berasal dari kalimantan dan bukan ikan buntal air laut melainkan ikan buntal air tawar agar tidak salam dalam membeli atau menjual ikan buntal nantinya.
Cara memelihara ikan buntal sebenarnya sangat mudah jika dipahami secara seksama dan baik-baik, nah kali ini kita akan membahas cara memelihara dan merawat ikan buntal .
Cara memelihara ikan buntal Beserta tips dan perawatannya
Gambar : ikan Buntal

Memilih Akuarium

Akuarim dalam memelihara ikan buntal haruslah berukuran sedang jika ikan buntal yang kita pelihara hanya 1 ekor namun perhatikan hal ini jika ikan buntal yang kita pelihara lebih dari 1 ekor ada baiknya ikan buntal dipisahkan di akuarium berbeda sebab ikan ini adalah ikan yang sangat menjaga daerah kekuasaanya namun ada cara lain yang dapat kita lakukan yaitu memelihara ikan ini pada akuarium yang besar sehingga pemilihan daerah kekuasaan dapat merata sehingga tidak terjadi perkelahian antar sesama ikan buntal.

Makanan Ikan Buntal

Makanan ikan buntal dapat kita beri berupa cacing darah, cacing beku dan juga cacing sutra akan tetapi lebih disarankan memberikan makanan berupa cacing yang masih hidup karena ikan buntal lebih cenderung menyukai makanan yang masih segar dan masih hidup, selain itu makanan sebaiknya diberikan secukupnya saja agar sisa makanan tidak mengotori air akuarium yang menyebabkan air dalam akuarium berubah warna dan bau.

Pembersihan Akuarium

Walaupun air tampak jernih akan tetapi biasanya bau air tidak lagi seperti biasanya dan juga air pada akuarium sebaiknya diganti secara berkala 1 minggu sekali dan juga jangan lupa untuk membersihkan dinding akuarium sebab ikan buntal tidak menyukai tempat yang kotor , selain itu daerah yang kotor dan juga air yang bau tidak baik untuk kesehatan ikan buntal.

Aksesori pada akuarium ikan buntal

Selain mengatur pola makan dan kebersihan akuarium sebaiknya pada akuarium selalu berikan aksesoris beruba tumbuhan hiudup sebagai tempat ikan nantinya mencari makanan dan berkatifitas , tumbuhan air juga bermanfaat sebagai sumber oksigen didalam air, nah itulah cara memelihara dan merawat ikan buntal.

Baca Juga : Resiko yang akan timbul Ketika memelihara ikan hias

Kata Kunci : Ikan buntal, cara memelihara ikan buntal, makanan ikan buntal, gambar ikan buntal, jual ikan buntal, jual beli ikan buntal
Cara memelihara ikan buntal Beserta tips dan perawatannya | PILAT GEDE | 4.5