Cara Membedakan Burung Cucak Rowo Jantan Dan Betina

Cara Membedakan Burung Cucak Rowo Jantan Dengan Betina | Siapa yang tidak kenal dengan burung kicau yang merdu ini. Ya, cucak rowolah yang berkicau dengan sangat merdu sekali, bukan itu saja namun juga burung ini dapat menirukan suara berbagai kicauan burung lain. Bisa juga meniru dari rekaman burung lain dengan baik. Burung asal Kalimantan dan Sumatera inilah yang banyak diminati di Indonesia, lebih lebih di Pulau Jawa. Jika anda pecinta burung kicau, pastinya punya setidaknya satu burung, atau malah banyak.

Burung yang trends di Indonesia ini sangat bagus sekali dipelihara karena akan mengisi kekosongan suara dirumah anda dengan suara kicauan cucak rowo. Perlu diketahui, bahwa harga tiap ekornya sangat mahal sekali dari pada burung kicau juara lainnya semisal murai batu. Untuk harga jual burung cucak rowo saat masih anakan bisa mencapai 2 juta dan jika sudah jadi akan meningkat sepluh kali lipat menjadi 20 juta. Jika harganya mahal, pastinya akan didampingi dengan kualitas burung dengan suara yang bagus. Burung ini dijual dengan harga mahal juga karena tenarnya menang lomba berkali-kali di tingkat desa sampai nasional.

cucak rowo jantan betina

Gambar : Cucak Rowo

Jika anda mau membeli burung ini, setidaknya tahu harganya terlebih dahulu. Jangan lupa ketahuilah ciri jantan atau betina pada burung cucak rowo. Mungkin hal ini akan membantu anda saat mau memilih burung jantan dengan betina untuk diternakkan. Memang menernakkan burung cucak rowo sangat susah, namun jika sudah berhasil pastinya akan untuk puluhan juta perbulannya. Nah, kali ini saya akan membagikan tips membedakan jantan dan betina agar anda tidak salah beli.

Simak Juga : Daftar Harga Burung Cucak Ijo Terbaru Dan Terlengkap 2017

Cara Membedakan Burung Cucak Rowo Jantan Dan Betina

1. Burung Cucak Rowo Betina

  • Perhatikan corak hitam putih yang ada pada bulunya, untuk betina corak tersebut tidak nampak jelas.
  • Tidak memiliki belahan bulu dikepalanya, malah lebih terlihat datar.
  • Perhatikan warna bulu pada kepalanya, untuk betinya lebih cerah dibanding jantan.
  • Ekornya lebih pendek dan lebar mengembang.
  • Garis berwarna hitam disekitar mata terlihat samar samar.

2.Burung Cucak Rowo Jantan

  • Telihat jelas corak warna hitam disekitar mata untuk jantan.
  • Bulu ekornya lebih panjang dibanding betina dan lebih mengumpul (Menyatu)
  • Perhatikan warna kepala, untuk jantan tidak cerah (Lebih Gelap)
  • Paruh si jantan lebih membengkok dan tebal, berbeda dengan betina yang tipis dan tidak terlalu bengkok.

Nah, itulah cara mengetahui jenis kelamin si burung Cucak Rowo ini. Pastinya anda akan lebih mudah mengenali burung cucak rowo yang jantang dengan betina. Dengan begitu anda tidak akan sala beli burung ini. Sekian pembahasan tentang bagaimana membedakan ciri cucak rowo jantan dan betina. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat untuk para pecinta burung.


Cara Membedakan Burung Cucak Rowo Jantan Dan Betina | PILAT GEDE | 4.5