Beternak ikan cetol sebagai pakan ternak

Beternak ikan cetol– ikan cetol merupakan ikan yang banyak kita jumpai di sekitar sungai kali dan juga parit-parit sekitar rumah, ikan cetol biasa di sebut juga sebagai ikan citol karena pengejaan cetol yang agat sulit di sebutkan sehingga membuat masyarakat menyebutnya ikan citol. Ikan cetol juga merupakan ikan air tawar yang terbilang cukup unik dan memiliki daya tahan tubuh yang sangat baik di mana ikan cetol dapat hidup di lingkungan air yang tidak steril atau kotor dan terkena limbah, hal ini dapat kita lihat dan buktikan di mana ikan cetol masih dapat bertahan hidup di air selokan yang telah terkena dan tercemar limbah dan sisa deterjen atau air sabun dari rumah-rumah.


sebagai pakan ternak, memelihara ikan cetol, ikan citol citol citol
GAMBAR : IKAN CETOL
 Ikan cetol banyak di ternakkan oleh orang-orang sebagai makanan khusus ikan lele karena ikan cetol dapat membuat ikan lele semakin cepat besar atau bisa juga di gunakan sebagai bahan dasar dalam pembuatan peyek pengganti kacang, tidak hanya itu saja ikan cetol juga bisa di gunakan sebagai pakan utama ternak seperti bebek, ayam, atau angsa karena ikan ini memiliki kandungan gizi yang baik untuk ternak.
Pada saat ini ikan cetol bisa juga di gunakan sebagai bahan latihan untuk ikan laga (cupang), untuk mendapatkan ikan cetol kita dapat mencarinya di sungai-sungai atau di kali kerna penyebaran ikan ini sangtlah banyak dan merata namun jika kita tidak ingin membuang tenaga dan waktu dalam mencari ikan cetol ada baiknya jika kita beternak ikan cetol sendiri sebagai pakan ternak. Bagaimana cara beternak ikan cetol berikut kita akan membahas beternak ikan cetol sebagai pakan ternak.
1. Siapkan kolam atau wadah bagi ikan
Hal pertama yang anda lakukan untuk memulai beternak ikan cetol adalah menyiapkan kolam sebagai wadah untuk ikan cetol kita ternakkan, anda bisa juga menggunakan akuarium atau ember namun akan memperngaruhi hasil dari ternak ikan cetol kita karena wadahnya yang kecil saya sarankan agar sobat semua menggunakan kolam berukuran besar jika ingin beternak ikan cetol dalam skala besar.
2. Cari indukan ikan cetol yang berkwalitas
Untuk mendapatkan indukan ikan cetol yang baik dan sehat anda dapat mencarinya di sungai atau kali sebanyak mungkin pilihlah ikan cetol betina yang sudah hamil biasanya di sungai banyak ikan cetol yang sudah hamil dan berukuran besar dengan perut buncit jangan lupa anda juga harus mencari ikan cetol jantan, biasanya ikan cetol jantan berukuran kecil dan memiliki warna yang terang biasanya berwarna merah, hijau, dan campuran keduanya di bagian ekornya.
3. Masukkan/tabur ikan ke dalam kolam
Tidak seperti ikan lainya yang memerlukan pemijahan ikan cetol tidak membutuhkan pemijahan kita cukup menabur ikan cetol di dalam kolam dan menunggu saja , dalam menabur ikan cetol di dalam kolam pastikan air di dalam kolam sudah steril artinya bebas dari deterjen dan juga air sabun akan pertumbuhan ikan cetol semakin cepat dan besar atau gede. Setelah penaburan ikan cetol kita hanya menunggu sampai ikan cetol berkembang biak dengan sendirinya, ikan cetol juga termasuk ikan yang sangat cepat dalam berkembang biak hal ini menjadi suatu kentungan tersendiri pada kita dalam beternak ikan cetol.
4. Memberi makan ikan cetol
Dalam memberi makan ikan cetol kita dapat memberi ikan ini makanan berupa remah roti atau juga cacing kecil atau bisa juga kita memberi sisa makanan karena ikan cetol merupakan ikan yang tidak pilih pilih terhadap makanan dan melahap apa saja yang kita beri kepadanya. Dalam memberi makan ikan cetol kita dapat memberi makan ikan ini 2 x sehari yaitu pagi dan juga sore hari.
5. Masa panen
Dalam memanen ikan cetol kita dapat melakukanya setelah 4-5 minggu agar ikan cetol semakin banyak di dalam kolam, dalam 3 minggu ikan cetol akan berkembang biak dalam sendirinya di dalam kolam. Pada minggu ke 5 kita dapat memanen ikan cetol dengan menggunakan jaring atau tangok namun dalam memanen ikan cetol cukup kita memanen ikan cetol yang dewasa saja tidak perlu memanen yang masih anakan agar pada minggu berikutnya kita dapat memanen ikan cetol kembali, hal ini dapat kita lakukan setiap kali kita memanen ikan cetol, setelah ikan memanen ikan cetol kita dapat memberi ikan cetol sebagai pakan ikan lele atau ikan lainnya seperti ikan mas atau bisa juga sebagai makanan ternak seperti bebek, ayam, atau angsa.
Nah itulah dia beberapa tips dan cara beternak ikan cetol sebagai pakan ternak, jika ada pertanyaan anda bisa bertanya melalui form komentar di bawah, jangan sungkan-sungkan bertanya asal dengan etika dan tidak berkata kotor.
jika anda ingin memelihara ikan hias di kolam Baca Juga : CARA MEMELIHARA IKAN HIAS DI KOLAM
KATA KUNCI:
beternak ikan cetol, ikan citol, gambar ikan cetol, gambar ikan cetol, memelihara ikan cetol, ikan cetol makan lele, ikan cetol sebagai makanan ikan, ikan cetol di kali, makanan unggas, makanan alami unggas, beternak ikan citol sebagai pakan ternak, gambar ikan cetol di kali, gambar ikan cetol di sungai
Beternak ikan cetol sebagai pakan ternak | PILAT GEDE | 4.5