Beternak cacing sutra sebagai pakan ikan

Beternak cacing sutra– cacing sutra atau cacing keriting adalah cacing yang banyak kita jumpai di sekitar rumah kita, untuk mendapatkan atau mencari cacing sutra kita cukup mencarinya di selokan atau sungai yang memiliki dasar lumpur karena cacing sutra sangat menyukai dan biasa hidup di dalam lumpur yang berair mengalir. 


Cacing sutra juga menjadi cacing yang banyak di cari oleh para pecinta ikan untuk di jadikan sebagai pakan ikan, ikan yang biasa memakan cacing sutra adalah ikan cupang (ikan laga), ikan koi, ikan mas koki, dan ikan hias lainnya maka dari itu permintaan akan cacing sutra dari hari kehari tidak pernah surut hal ini menjadi poit utama di mana dengan cara beternak cacing sutra bisa menjadi peluang bisnis bagai kita . namun dalam beternak cacing sutra ada beberapa hal dan tahap yang perlu anda perhatikan agar ternak cacing sutra memuaskan dan cacing sutra layak di jual di pasaran, bagai manakan beternak cacing sutra berikut kita akan mengulasnya dalam beternak cacing suta sebagai pakan ikan :
beternak cacing sutra sebagai pakan ikan dan peluang bisnis
GAMBAR : CACING SUTRA
1. Hal pertama yang anda lakukan untuk memulai beternak cacing sutra adalah menyiapkan media atau tempat bagi cacing sutra untuk berkembang biak, anda dapat membuat kolam dengan berukuran  yang anda suka atau bisa saja anda menggunakan kolam bekas sebagai media buat cacing sutra untuk berkembang biak namun jangan lupa di dalam kolam anda harus meletakkan lumpur dengan ketinggian sekita 2 -3 Cm sebagai tempat bagai cacing sutra untuk hidup karena cacing sutra tidak dapat hidup hanya di dalam air namun di dalam lumpur yang di aliri air.
2. Kemudan setelah hal pertama anda lakukan hal berikutnya adalah mencari bibit cacing sutra anda dapat mencarinya di sungai atau di kali atau bisa juga anda mencari di selokan karena cacing sutra sangat mudah di temukan di mana saja asalkan daerah tersebut di aliri air dan berlumpur, anda dapat mengambilnya namun perhatikan dalam mengambil cacing sutra anda harus berhati hati dan lembut agar cacing sutra tidak terluka dan mati, tips dalam mengambil cacing sutra anda dapat mengerok ikut lumpurnya agar cacing sutra tidak terluka. Setelah itu tebarkan cacing sutra di kolam yang ttelah kita siapkan tadi secara merata.
3. Setelah proses penebaran bibit cacing sutra selesai anda dapat mengaliri air di kolam dengan debit air 2 liter/jam  anda dapat mengaturnya dengan menggunakan pipa agar lebih mudah karena cacing sutra sangat menyukai daerah dengan air mengalir .
4. Untuk pakan cacing sutra tidaklah sulit untuk di dapatkan kita dapat membuatnya sendiri dengan mengunakan kotoran ayam di campur dengan ampas dan di aduk secara merata kemudian kita tutup dengan terpal atau pelastik agar kotoran dan ampas melakukan tahap fermentasi setelah 5-6 jam kita dapat menebarkan  makanan ini di kolam berisi cacing sutra tadi namun pada saat menebarkan makanan anda harus memastikan air di dalam kolam tidak mengalir agar makanan tidak terbuang dengan sia-sia setelah penebaran makanan di lakukan secara merata tungki sekitar 1 jam agar makanan mengendap di dalam lumpur setelah itu anda dapat menjalankan pipia agar air kembali mengalir. Dalam memberi makan cacing sutra pastikan anda melakukannya secara teratur setiap harinya agar cacing surtra sehat dan dapat berkembang biak dengan baik di dalam kolam.
5. Setelah menunggu sekitar 5 minggu atau bisa juga 1 bulan kita sudah dapat memanen cacing sutra di dalam kolam, dalam memanen cacing sutra anda dapat menggunakan sekop namun dalam memanen cacing sutra pastikan air tidak mengalir agar lumpur tidak betebaran di sekitar air setelah itu anda dapat menyekop cacing sutra dam memasukkannya ke dalam ember plastik atau media lainnya ingat dalam menyekop atau memanen cacing sutra yang baik adalah ikut dengan lumpurnya pada tahap selanjutnya kita dapat menyortir cacing sutra secara penuh dan tidak ikut dengan lumpur.
6. Menyortir cacing sutra agar berpisah dengan lumpur yaitu dengan mengisi air di dalam ember kemudian setelah menunggu beberapa jam cacing sutra akan bergerombol di atas permukaan pada saat cacing sutra bergerombol anda dapat mengambil cacing sutra tersebut. Cara lain dan cepat dalam menyortir cacing sutra adalah menggunakan tangan anda sendiri dan mencuci cacing sutra dengan air agar berpisah dengan lumpur namun cara ini tidak di sarankan juka cacing sutra ingin di jual kembali karena dapat membuat cacing sutra terluka dan tidak layak di jual.
7. Penjulan cacing sutra dapat anda lakukan di petshop khusus penjual ikan atau menjual sendiri kepada para pecinta ikan hias sebab cacing sutra banyak di gemari sebagai pakan ikan oleh para pecinta ikan khususnya para pecinta ikan aduan seperti ikan cupang (ikan laga).
Nah itulah dia tips cara beternak cacing sutra sebagai pakan ikan, hal ini dapat anda lakukan sebgai peluang bisnis rumahan karena pecinta ikan tidak pernah lekang oleh waktu dan selalu meningkat dari tahun ke tahun maka dari itu bisnis cacing sutra terbilang sangat menguntungkan.
KATA KUNCI:
beternak cacing sutra, cacing makanan ikan, cacing di pelihara, budidaya cacing, memelihara cacing sutra, cacing makakan ikan cupang, cacing sutra, gambar cacing sutra, foto cacing sutra
Beternak cacing sutra sebagai pakan ikan | PILAT GEDE | 4.5