CARA MERAWAT DAN MEMELIHARA HAMSTER YANG BAIK DAN BENAR

Hamster merupakan hewan sejenis tikus yang banyak di pelihara oleh kebanyakan orang karena memiliki bentuk yang lucu dan bulu yang halus, tidak heran binatang pengerat yang satu ini menjadi binatang yang banyak di gemari. Untuk mendapatkan hamster pun sangat mudah, kita dapat menemukan hewan ini di petshop terdekat di kota kita, harga hamster pun bervariasi tergantung jenis dan besar hamster. Untuk hamster yang masih anakan berkisar Rp. 40.000 sepasang dan untuk hamster yang sudah dewasa berkisar Rp. 100.000 – Rp. 200.000 tergantung kota masing masing. Banyak yang beranggapan merawat hamster itu susah dan sulit di jinakkan, namun jangan beranggapan seperti itu karena merawat hamster itu sangat mudah dan tidak lah sulit.
 Banyak hal sebenarnya yang perlu di perhatikan dalam merawat hamster namun ada beberapa hal saja yang wajib di perhatikan dalam memelihara dan merawat hamster, mulai dari kebersihan hamster itu sendiri sampai asupan makanan dari hamster. Berikut kita akan membahas cara merawat hamster yang baik dan benar :
cara merawat hamster, memelihara hamster, tips memelihara hamster
GAMBAR : HAMSTER ( sumber : wikipedia)

1. Pilih jenis hamster yang ingin anda pelihara.
Dalam memulai memelihara hamster hal pertama yang harus kita perhatikan adalah jenis hamster apa yang ingin kita pelihara, dengan begitu kita akan mengerti jenis perawatan apa yang akan kita berikan ke hamster tersebut walaupun sebenarnya perawatannya tidaklah berbeda jauh. Sebelum anda membeli hamster sebaiknya perhatikan jenis hamster tersebut dengan menanyakannya kepada penjualnya. Jenis hamster bermacam macam namun yang paling populer adalah hamster kerdil dan hamster mata merah ( red eye white hamster) karena memiliki bentuk yang lucu dan keunikan pada warna dan matanya.

2. Kasih sayang terhadap hamster.
Kasih sayang terhadap hamster adalah hal yang harus di perhatikan seperti bermain main dengan hamster dan sesekali memegangnya agar hamster tersebut semakin akrab dengan kita dan terbiasa dengan aroma badan kita. Ketika hamster sudah terbiasa dengan kita maka hamster tersebut akan jinak kepada kita dan terbiasa dengan kita.

3. Perhatikan kebersihan kandang hamster.
Untuk hal yang satu ini sangat di sarankan dan wajib di perhatikan, kebersihan kandang hamster adalah prioritas utama dalam memelihara hamster karena jika kandang hamster kotor dan berbau hamster tidak akan betah di dalam kandang. Hamster merupakan peliharaan yang menghabiskan waktunya di dalam kandang jadi kebersihan kandang merupakan hal rutin yang harus di perhatikan. Kita jangan sampai lupa membersihkan kotoran hamster agar hamster semakin nyaman di dalam kandang dan hamster tidak akan mudah terserang penyakit.

4. Ganti serbuk kayu di dalam kandang hamster.
Serbuk kayu di dalam kandang hamster memegang peran yang penting juga karena serbuk kayu berfungsi sebagai tempat hamster membuang kotoran dan juga sebagai penghangat tubuh hamster. Di sarankan agar mengganti serbuk kayu pada kandang hamster sebulan sekali untuk menghindari hamster dari penyakit dan hamster tidak kedinginan di dalam kandang, anda bisa mendapatkan serbuk kayu di toko hewan terdekat.

5. Menentukan aksesoris dan mainan di dalam kandang.
Aksesoris di dalam kandang memang terlihat sederhana namun jangan anggap hal ini sepele karena aksesoris di dalam kandang hamster bukan hanya sebagai hiasan semata tetapi sebagi tempat hamster kita bermain, tidur dan bersembunyi. Dengan memerikan asesoris yang pas di dalam kandang hamster kita maka hamster kita tidak akan bosa dan lebih betah di dalam kandang. Aksesoris di dalm kandang hamster juga dapat membuat hasmter kita seperti berada di habitat aslinya, ini membuat hamster kita akan senang dan tidak akan stres. Anda dapat menambahkan aksesoris berupa kayu, terowongan, atau mainan hamster lainnya, kita dapat membeli aksesoris hamster di toko hewan terdekat di kota kita.

6. Perhatikan kebutuhan makan dan minuman hamster.
Sama halnya dengan manusia hamster juga merupakan makhluk hidup yang membutuhkan asupan tenaga dari makanan, jadi perhatikan makan haster kita setiap hari. Kita dapat memberinya biji bunga matahari sebagai makan pokok dari hamster tersebut. Untuk minuman haster kita dapat memberinya air tawar, air juga memberikan peran penting dalam pencernaan hamster sehingga hamster kita akan terhindar dari dehidrasi karena kekurangan cairan.

7. Jangan merendam hamster di dalam air.
Mungkin ketika anda melihat hamster anda kotor anda akan berpikiran akan emandikan hamster tersebut dengan air atau bahkan anda akan merendamnya di dalam air agar lebih cepat dalam membersihkan badannya, namun hal ini dapat membuat hamster cepat sakit atau bahkan mati. Untuk mebersihkan badan hamster kita cukup melap badan hamster dengan kain kering atau tisu khusus hewan, biasanya hamster merupakan hewan yang akan membersihkan dirinya sendiri dengan cara mandi pasir/debu, anda dapat membeli pasir atau debu khusus hamster di toko hewan terdekat di kota anda.

Sekian cara merawat hamster yang baik dan benar semoga artikel ini dapat mambantu anda dalam memelihara hamster hamster kesayangan anda

KATAKUNCI
CARA MERAWAT DAN MEMELIHARA HAMSTER YANG BAIK DAN BENAR | PILAT GEDE | 4.5