7 Jenis ayam Hias Yang banyak diminati Di indonesia

7 Jenis ayam Hias Yang banyak diminati Di indonesia – Pecintabinatang.com | ayam hias merupakan jenis ayam yang memiliki bentuk yang cantik dan cocok dipelihara hewan peliharaan yang eksotis , jenis dari ayam hiaspun beragam dan banyak sekali , mulai dari ayam hias yang asli indonesia hingga jenis ayam yang berasal dari luar indonesia.
Hal yang membuat ayam ini banyak di minati oleh masyarakat indonesia adalah bentuk dari ayam ini yang unik dan lain daripada jenis ayam lainnya hanya saja untuk segi harga ayam hias tergolong ayam yang mahal sebab ayam ini biasanya sedikit dipelihara dan hanya beberapa peternakan saja yang membudidayakannya. Berbeda dengan ayam hutan dan ayam kampung yang memiliki bentuk yang hampir serupa ayam hias bisanya memiliki bentuk yang sedikit berbeda dengan ayam lainnya seperti ayam ini sedikit lebih pendek atau kate dan bulunayam ini yang berwarna-warni yang dapat membuat mata segar jika melihatnya.
Di indonesia sendiri terdapat beberapa jenis ayam hias yang banyak peminatnya , ayam apa sajakah itu berikut ayam hias yang banyak di minati di Indonesia.

1. Ayam batik (sebright)
ayam batik
Gambar : ayam Batik

Ayam batik merupakan ayam yang banyak peminatnya ayam ini merupakan ayam yang memiliki corak menyerupai batik yang membuat orang indonesia mengatakan ayam ini ayam batik, jenis ayam batik terdapat 2 yaitu ayam batik itali dan ayam batik kanada  hanya saja dari segi bentuk ayam batik kanada dan itali tidak dapat dibedakan sama sekali dan hampir serupa . berdasarkan sumber dari beberapa peternak ayam batik mengatakan bahwa ayam batik berasal dari kanada namun bibit ayam batik berasal dari italia, untuk segi harga ayam batik masih tergolong jenis ayam yang murah dan dapat di jangkau oleh kantong , bisanya untuk ayam batik yang berumur 1 hingga 3 bulan hanganya berkisar 100 hingga 150 ribu rupiah dan untuk harga ayam batik 4 bulan hingga dewasa bisanya memiliki harga 200 hingga 300 ribu rupiah.
2. Ayam Kapas
ayam kapas
Gambar : ayam Kapas Via Teropongbisnis.com

Jenis ayam ini juga banyak di minati sebab ayam ini memiliki bulu yang menyerupai kapas, ayam kapas memiliki banyak varian warna bisanya warna ayam kapas hitam atau putih namun jika ayam kapas disilangkan akan timbul warna barun dari ayam itu sendiri seperti warna keabu-abuan dan warna lainnya. Yang membuat ayam kapas unik adalah bulu dari ayam ini yang sekilas jika dilihat dengan mata seperti tidak menempel ditubuhnya sehingga tampak seperti kapas yang melekat di tubuh ayam tersebut. Untuk harga ayam kapas bisanya yang berumur 1 hingga 3 bulan hanganya berkisar 100 hingga 150 ribu rupiah dan untuk harga ayam batik 4 bulan hingga dewasa bisanya memiliki harga 200 hingga 300 ribu rupiah.
3. Ayam cemani
ayam cemani
Gambar : ayam Cemani

Ayam yang satu ini banyak meyimpan misteri dan mitos di masyarakat Baca : mitos ayam cemani yang beredar di masyarakat, sebab ayam ini memiliki warna yang berbeda dan unik dari ayam kebanyakan , ciri umum dari ayam cemani adalah warna ayam ini yang hitam pekat di seluruh tubuhnya termasuk kulit dan lidah dari ayam ini. Di luar negeri ayam cemani sangat populer dan jika di jual ayam ini memiliki harga yang cukup mahal seperti tahun lalu ayam cemani laku hingga ratusan juta di luar negeri. Untuk harga ayam cemani anda dapat melihat pada artikel sebelumnya yaitu Harga Ayam Cemani Terbaru dan Terupdate.
4. Ayam Ketawa
ayam ketawa
Gambar : ayam Ketawa

Mengapa ayam ini disebut ayam ketawa? Sebab ayam ini memilki kokok seperti orang yang sedang ketawa dan sering kali ayam ketawa dijadikan kontes oleh kolektor ayam ini, sekilas jika kita mengamati ciri-ciri dari ayam ketawa ini tidak berbeda jauh dengan ayam lainnya hanya saja jika kita dengarkan suara ayam ini berkokok maka kita akan dapat membedakan ayam ini dengan jenis ayam lainnya, untuk harga ayam ketawa bisanya tidak lah mahal berkisar di antara 200 hingga 300 ribu rupiah namun jika ayam ini sudah menyandang gelar jawara maka haraga ayam ini bisa membeli 1 unit mobil.
5. Ayam mutiara
ayam mutiara
Gambar : ayam Mutiara

Bentuk dari dari pola pada bulu ayam ini yang meyerupai mutiara membuat ayam ini sangat cantik sehingga ayam ini banyak diminati oleh kolektor ayam hias , ayam mutiara ini sekilas seperti ayam kalkun namun jangan tertipu sebab ayam ini bukanlah ayam kalkun anda dapat melihat bulu ekor ayam mutiara ini yang tidak mengembang seperti kalkun. Bisanya ayam mutiara memiliki bentuk yang sedikit lebih besar dari ayam lainnya dan dari segi harga bisanya harga ayam mutiara berkisar di antara 200 hingga 400 ribu rupiah saja .
6. Ayam Serama
ayam serama
Gambar : ayam Serama

Banyak yang menjuluki ayam ini sebagai ayam kate sebab ayam ini memang memiliki postur tubuh yang kecil dan pendek namun bentuk tubuh dari ayam ini yang cantik, ayam serama sudah mulai banyak diternakkan oleh masyarakat indonesia  dikarenakan ternak ayam serama tidaklah sulit sehingga membuat ternak ayam serama menjadi  peluang bisnis bagi masyarakat indonesia. Untuk harga ayam serama bisanya berkisar di antara 100 hingga 300 ribu rupiah perekornya.
7. Ayam onagadori
onagadori
Gambar : onagadori

Ayam ini merupakan ayam asli jepang dan merupakan ayam yang tidak boleh sembarangan dipelihara sebab di daerah asalnya ayam ini adalah peliharaan orang yang terpandang seperti kaisar dan daimyo di jepang, namun seriing dengan bertambahnya waktu ayam ini sudah dapat dipelihara di indonesia namun harga dari ayam ini yang sangat mahal dan hanya beberapa orang saja yang dapat membelinya. Bisanya harga ayam onagadori  berkisar di antara 700 hingga 1,5 juta rupiah.
Itulah jenis ayam hias yang banyak di minati di indonesia , jika ada yang masih kurang menurut sobat pembaca anda dapat memberikan saran dengan berkomentar pada form komentar di bawah.


7 Jenis ayam Hias Yang banyak diminati Di indonesia | PILAT GEDE | 4.5