5 Hal Yang dapat Membuat Akuarium Kotor

Memelihara ikan di dalam akuarium (aquarium) memang menjadi keasikan tersendiri bagi mereka pecinta dan penghobi ikan terutama penghobi ikan hias, sebab memberikan nuansa nyaman dan indah bagi mereka yang memelihara ikan di dalam akuarium. Selain itu memelihara ikan diakuarium dapat mempercantik rumah dan juga membuat suasana rumah menjadi nyaman untuk ditinggali.
Ada beberapa masalah yang sering kali timbul ketika memelihara ikan didalam akuarium seperti air yang cepat keruh, air yang kotor, hingga lumut yang tumbuh disekitar akuarium, tentu hal ini menjadi masalah tersendiri bagi mereka yang hobi dalam memelihara ikan didalam akuarium dan mewajibkan mereka untuk bekerja extra setiap hari untuk membersihkan akuarium. Sebenarnya permasalahan akuarium yang cepat kotor bukanlah dari air yang ada diakuraium tersebut melainkan beberapa faktor yang dapat membuat akuarium cepat kotor walaupun sudah dibersihkan setiap hari, berikut 5 hal yang dapat membuat akuarium cepat kotor.
aquarium yang tidak kotor
Gambar : akuarium ( Aquarium)

1. Pemberian makanan yang salah

Pemberian makanan pada ikan yang ada didalam akuarium dapat menyebabkan air pada akuarium cepat kotor, makana yang dapat membuat air keruh dan cepat kotor adalah berupa makanan yang cepat larut dalam air. Makanan yang cepat larut didalam air berupa pellet atau sejenis makanan lainnya, maka dari itu dianjurkan memberikan memberikan makanan yang jangan cepat larut dalam air sehingga warna air tidak akan cepat berubah dan tetap jernih, agar air tidak cepat kotor dapat juga memberikan makanan pada ikan berupa makanan hidup sehingga air tidak akan cepat keruh atau kotor.

2. Jangan Sisakan makanan di akuarium

Pemberian makanan yang terlalu banyak hingga menyebabkan makanan tersisa akan membuat air pada sekitar akuarium akan cepat kotor, ada baiknya berikan makanan pada ikan secukupnya saja dan jangan sampai sisa, hal ini dapat membuat warna serta bau atau aroma air akan cepat berubah.

3. Tidak menggunakan filter pada akuarium

Tidak menggunakan filter pada akuarium akan membuat air pada akuarium cepet kotor,sebab fungsi utama pada filter memang untuk menyaring kotoran pada air disekitar akuarium , maka dari itu ada baiknya menggunakan filter pada akuarium agar kondisi air pada akuarium tidak mudah kotor.

4. Menempatkan Ikan sapu-sapu pada akuarium

Selain ke-3 cara di atas ada cara yang lebih unik yaitu memelihara ikan sapu –sapu berdampingan dengan ikan lainnya , sebab ikan sapu – sapu adalah ikan yang suka bersih –bersih seperti namanya hehehe, ikan sapu – sapu akan membersihkan lumut yang tumbuh disekitar kaca atau dinding akuarium . Dengan cara ini akan membuat air serta akuarium menjadi bersih, selain itu keuntungan lain dari ikan ini dapat membersihkan kotoran atau sisa makanan yang ada pada dasar akuarium, akan tetapi dibalik itu semua ada hal yang tidak mengenakkan jika ikan yang anda pelihara didalam akuarium dalam keadaan sakit atau terluka makan ikan sapu – sapu akan mneyedot luka tersebut yang akan membuat luka pada ikan semakin membesar hingga meyebabkan kematian.

Baca : Keuntungan dan Kerugian memelihara ikan sapu – sapu didalam akuarium

5. Tidak Menempatkan tumbuhan air di dalam akuarium

Tumbuhan air berperan penting dalam membuat akuarium semakin sehat serta menjaga kwalitas air  pada akuarium , maka dari itu ada baiknya menaruh tumbuhan air didalam akuarium agar kondisi air tetap terjaga.
Nah itulah beberapa hal yang dapat membuat  air pada akuarium cepat kotor , ada baiknya selalu perhatikan kondisi akuarium anda jangan sampai 5 hal diatas yang menjadi permasalahan yang membuat akuarium anda kotor.
5 Hal Yang dapat Membuat Akuarium Kotor | PILAT GEDE | 4.5