4 faktor penyebab Kelinci Kejang – kejang lalu Mati

Dalam memelihara kelinci kasus kelinci kejang – kejang kemudian mati memang suatu hal yang tidak biasa lagi bagi mereka yang memelihara kelinci , akan tetapi dalam beberapa kasus kelinci kejang – kejang lalu kemudian mati pemilik tidak mengetahui penyebab pastinya dikarenakan menurutnya perawatan serta makanan yang diberikan sudah seperti biasanya dan sewajarnya, akan tetapi ada beberapa faktor yang selalu diabaikan oleh pemilik kelinci sehinga menyebkan kelinci kejang – kejang dan mengalami kematian.
Pada dasarnya penyebab kelinci yang kejang – kejang adalah faktor makanan yang tidak sewajarnya atau pemberian makanan pada kelinci yang tidak baik sehingga meyebabkan kelinci kejang – kejang dan mati. Salah satu pengunjung blog pecintabinatang.com sempat bertanya melalui email apa penyebab kelinci kejang – kejang lalu mati?. Berikut 4 faktor yang penyebab kelinci kejang – kejang lalu mati.
kelinci mati
Gambar : kelinci mati

1. Makanan yang tercampur bahan kimia

Sering sekali pada saat memberikan makanan pada kelinci berupa sayuran pemilik tidak mencuci sayur terlebih dahulu pada air bersih sehingga bahan kimia berupa pupuk atau pestisida yang masih lengket pada sayuran termakan oleh kelinci, hal ini dapat memperngaruhi kesehatan pada kelinci sebab seperti yang kita ketahui bahan kimia terupata pestisida digunakan para petani untuk membasmi hama pada sayuran maka dari itu jika dimakan oleh kelinci akan mengakibatkan hal yang sangat fatal.

2. Stres pada kelinci

Tingkat stres yang berlebihan pada kelinci dapat menyebabkan kelinci kejang – kejang lalu mati secara tiba-tiba atau biasa disebut sakrotul maut, maka dari itu untuk memghindari stres pada kelinci ada baiknya kelinci ditempatkan pada kandang yang nyaman dan sejuk agar kelinci tidak mengalami stres jauh hari yang akan datang.

3. Kelinci Sudah sakit

Kejang pada kelinci bisa saja dibebabkan pada dasarnya kelinci tersebut memang sedang mengalami sakit yang parah dan pemilik tidak memperhatikan serta merawatnya , terkadang ketika kelinci yang memang sakit akan  menyebabkan kejang lalu mati pada kelinci , maka dari itu ketika kelinci peliharaan sedang sakit ada baiknya dirawat dan diperharikan agar tidak terjadi hal buruk kedepannya.

4. Pemberian makanan yang salah

Sering sekali pemilik kelinci memberikan makanan yang salah kepada kelinci seperti rerumputan yang mengandung racun serta sayuran berupa kol yang dapat membuat perut kelinci kembung serta keracunan, ada baiknya selalu perhatikan jangan sampai salah dalam memberikan makanan pada kelinci.
Nah itulah 4 faktor penyebab kelinci kejang-kejang lalu mati, semoga selalu memperhatikan hal diatas agar kelinci tidak mengalami hal tersebut sebab akan sulit dalam mengatasi dan mengobati kelinci nantinya, Salam.

Baca juga : Makanan alami terbaik Untuk Kelinci

4 faktor penyebab Kelinci Kejang – kejang lalu Mati | PILAT GEDE | 4.5